Kompas.com - 11/07/2023, 09:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Planet seukuran Neptunus yang ditemukan pertama kali tahun 2020, menarik perhatian para astronom untuk diamati lebih rinci.

Menariknya, astronom menemukan bahwa planet extrasurya itu dihujani logam titanium. Mereka menilai bahwa exoplanet tersebut merupakan planet paling reflektif yang pernah diamati di luar Tata Surya.

Hasil pengamatan terbaru dari teleskop antariksa Cheops milik Eropa, menunjukkan bahwa planet ini sangat terang.

Dilansir dari Phys, Selasa (11/7/2023), planet tersebut berjarak lebih dari 260 tahun cahaya dari Bumi dan memantulkan 80 persen cahaya dari bintang induknya.

Kecerahan cahaya yang dipantulkan planet seukuran Neptunus ini menjadikannya sebagai planet pertama yang memiliki kecemerlangan yang sebanding dengan Venus.

Venus adalah objek paling terang di langit malam selain Bulan, di dalam sistem Tata Surya kita.

Baca juga: Seperti Apa Planet Mirip Bumi yang Dipenuhi Gunung Berapi?

Exoplanet ini dinamai LTT9779b. Planet seukuran Neptunus ini mengorbit pada bintang induknya hanya dalam waktu 19 jam.

Jaraknya yang sangat dekat, membuat sisi planet yang menghadap bintangnya memiliki suhu 2.000 derajat Celsius, sehingga kondisi ini membuatnya dianggap terlalu panas untuk dapat membentuk awan.

Namun, berdasarkan pengamatan, tampaknya planet LTT9779b memiliki awan.

"Ini benar-benar sebuah teka-teki," kata Vivien Parmentier, peneliti di Observatorium Cote d'Azur, Perancis dan salah satu penulis studi baru di jurnal Astronomy and Astrophysics.

Para peneliti menyadari bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana pembentukan awan dapat terjadi dalam lingkungan exoplanet LTT9779b.

Parmentier menggambarkan pembentukan awan di planet tersebut seperti air panas yang mengepul di kamar mandi, dengan aliran logam dan silikat yang panas, memenuhi atmosfer LTT9779b hingga terbentuk awan logam.