Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Rekonstruksi Wajah Gadis Elite dari Abad Ke-7?

Kompas.com - 28/06/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Seorang seniman forensik membuat rekonstruksi wajah seorang gadis berlatar belakang elite yang berusia 16 tahun.

Gadis tersebut di makamkan 1.300 tahun yang lalu.

Dikutip dari Live Science, Selasa (27/6/2023), pada tahun 2011 para arkeolog di Inggris menggali sisa-sisa kerangka seorang gadis remaja yang dimakamkan di sebuah tempat tidur kayu berukir.

Tidak hanya itu saja, ia mengenakan salib emas bertakhtakan batu delima, sebuah harta karun yang dijuluki Salib Trumpington.

Sedikit yang diketahui tentang gadis Anglo-Saxon, selain ia berusia 16 tahun ketika meninggal menjelang akhir abad ketujuh.

Berdasarkan barang-barang kuburnya yang berornamen, kemungkinan besar gadis tersebut adalah pemeluk awal Kristen.

Rekonstruksi wajah gadis elite

Sekarang, rekonstruksi wajah remaja yang makamnya kemudian dikenal sebagai pemakaman Trumpington Cross, menawarkan wawasan seperti apa rupanya.

Baca juga: Seperti Apa Wajah Pria Mesir Kuno yang Hidup 30.000 Tahun Lalu?

Untuk menciptakan rekonstruksi wajah gadis itu, Hew Morrison, seorang seniman forensik Skotlandia, menggunakan foto tengkorak beresolusi tinggi, serta foto close-up, untuk mempelajari permukaannya lebih dekat.

Dia juga menggunakan data kedalaman jaringan untuk wanita Kaukasia saat dia membuat gambar akhir pada rekonstruksi wajah tersebut.

"Ini membantu saya mengetahui di mana perlekatan otot wajah individu karena kita semua memiliki tanda pada permukaan tengkorak tempat otot-otot ini menempel," kata Morrison.

"Mengingat usia tengkorak, kondisinya luar biasa. Sisi kanan area temporal tengkorak sedikit rusak, tapi ini tidak berdampak negatif pada kemampuan saya untuk membuat rekonstruksi wajah," paparnya.

Saat Morrison menciptakan perkiraan wajah, dia melihat satu karakteristik wajah unik terbentuk di tempat mata gadis itu.

"Rongga mata kiri sedikit lebih rendah dari sisi kanan. Dengan demikian, mata kirinya sekitar 5 Milimeter lebih rendah dari sisi kanan," jelas Morrison menjelaskan rekonstruksi wajah gadis abad ke-7.

Baca juga: Seperti Apa Tubuh Lady Dai, Mumi Terbaik yang Pernah Diawetkan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com