Seperti Apa Hiu Iblis, Spesies Baru yang Ditemukan di Laut Australia?

Kompas.com - 10/05/2023, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Hiu iblis telah diidentifikasi sebagai spesies baru selama lebih dari satu dekade.

Spesies hiu yang dinamai Apristurus ovicorrugatus diidentifikasi sejak ditemukannya telur misterius pertama yang ditemukan di koleksi museum Australia Barat.

Hiu iblis adalah spesies hiu laut dalam yang memiliki ciri mata berwarna putih terang.

Pertama kali teridentifikasi beberapa dekade setelah hiu betina dari spesies tersebut mati saat ditemukan di lepas pantai Australia Barat.

Dilansir dari Live Science, Rabu (10/5/2023), hiu 'hantu' penghuni laut dalam tersebut awalnya salah diidentifikasi.

Saat kali pertama ditemukan, dinyatakan para ilmuwan sebagai spesies baru setelah mereka meninjau kembali kasus telur aneh yang misterius yang disimpan di museum selama bertahun-tahun.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Nyamuk Baru yang Ditemukan di Florida?

Spesies hiu iblis yang baru ditemukan, dideskripsikan dalam studi baru yang diterbitkan pada 23 April 2023 di Journal of Fish Biology.

Nama ilmiah hiu iblis ini adalah Apristurus ovicorrugatus, yang berasal dari bahasa Latin 'ovi' berarti telur, dan 'corrugatus' yang artinya bergelombang.

Secara keseluruhan nama ilmiah hiu iblis tersebut mengacu pada kasus penemuan telur bergelombang yang mengarah pada penemuan spesies hiu laut dalam tersebut.

Hiu iblis spesies tak biasa

Tak hanya memiliki bentuk telur yang aneh dan unik, hiu iblis, A. ovicorrugatus juga memiliki iris mata berwarna putih mengkilap yang tidak biasa.

"Ini (iris mata) bukan fitur umum untuk spesies laut dalam dan hanya satu spesies lainnya, Apristurus nakayai dari Kaledonia Baru dan PNG (Papua Nugini) yang memiliki karakter yang sama," ujar penulis utama studi Will White, seorang ichthyologist dengan Commonwealth Organisasi Riset Ilmiah dan Industri (CSIRO).