Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Hiu Iblis, Spesies Baru yang Ditemukan di Laut Australia?

Kompas.com - 10/05/2023, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Hiu iblis telah diidentifikasi sebagai spesies baru selama lebih dari satu dekade.

Spesies hiu yang dinamai Apristurus ovicorrugatus diidentifikasi sejak ditemukannya telur misterius pertama yang ditemukan di koleksi museum Australia Barat.

Hiu iblis adalah spesies hiu laut dalam yang memiliki ciri mata berwarna putih terang.

Pertama kali teridentifikasi beberapa dekade setelah hiu betina dari spesies tersebut mati saat ditemukan di lepas pantai Australia Barat.

Dilansir dari Live Science, Rabu (10/5/2023), hiu 'hantu' penghuni laut dalam tersebut awalnya salah diidentifikasi.

Saat kali pertama ditemukan, dinyatakan para ilmuwan sebagai spesies baru setelah mereka meninjau kembali kasus telur aneh yang misterius yang disimpan di museum selama bertahun-tahun.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Nyamuk Baru yang Ditemukan di Florida?

Spesies hiu iblis yang baru ditemukan, dideskripsikan dalam studi baru yang diterbitkan pada 23 April 2023 di Journal of Fish Biology.

Nama ilmiah hiu iblis ini adalah Apristurus ovicorrugatus, yang berasal dari bahasa Latin 'ovi' berarti telur, dan 'corrugatus' yang artinya bergelombang.

Secara keseluruhan nama ilmiah hiu iblis tersebut mengacu pada kasus penemuan telur bergelombang yang mengarah pada penemuan spesies hiu laut dalam tersebut.

Hiu iblis spesies tak biasa

Tak hanya memiliki bentuk telur yang aneh dan unik, hiu iblis, A. ovicorrugatus juga memiliki iris mata berwarna putih mengkilap yang tidak biasa.

"Ini (iris mata) bukan fitur umum untuk spesies laut dalam dan hanya satu spesies lainnya, Apristurus nakayai dari Kaledonia Baru dan PNG (Papua Nugini) yang memiliki karakter yang sama," ujar penulis utama studi Will White, seorang ichthyologist dengan Commonwealth Organisasi Riset Ilmiah dan Industri (CSIRO).

Baca juga: Seperti Apa Rubah Kucing yang Disebut Spesies Baru dari Perancis?

Apristurus adalah genus hiu kucing. Hiu-hiu ini umumnya dikenal sebagai hiu hantu kucing atau hiu setan.

Menurut peneliti, spesies hiu iblis dalam keluarga hiu kucing, merupakan salah satu genera hiu paling beragam di dunia, dan sekitar 40 spesies yang telah diektahui.

Sebagian besar spesies hiu melahirkan anak, sisanya merupakan jenis hiu yang bertelur atau ovipar.

Telur hiu iblis pertama kali ditemukan pada tahun 2011. Para ahli sangat bingung dengan bentuk telur aneh dan misterius itu yang saat dibuka terdapat embrio hiu.

Telur tersebut ditemukan menempel pada karang, menunjukkan bahwa spesies tersebut mungkin bergantung pada organisme ini untuk bereproduksi.

Kendati memastikan bahwa itu jenis telur milik spesies Apristurus, namun cangkang telur tersebut tampak tidak sesuai dengan spesies yang telah diketahui sebelumnya.

Para peneliti mengatakan, penemuan spesies hiu iblis, A. ovicorrugatus menyoroti pentingnya bentuk cangkang telur untuk mengidentifikasi spesies.

Baca juga: Seperti Apa Galaksi Ubur-ubur yang Ditangkap Teleskop Hubble?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com