Seperti Apa Spesies Nyamuk Baru yang Ditemukan di Florida?

Kompas.com - 24/03/2023, 09:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sekelompok peneliti melaporkan spesies baru nyamuk yang ditemukan di Florida belum lama ini. Nyamuk ini diketahui telah melintasi kawasan tropis menuju Florida, membangun rumah di habitat baru mereka di tiga daerah.

Penemuan spesies nyamuk baru ini ternyata menyisakan kekhawatiran di antara para ilmuwan. Sebab, dikhawatirkan dapat berpotensi menularkan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (24/3/2023), spesies baru nyamuk tersebut diberi nama Culex lactator. Dalam studi yang diterbitkan di Journal of Medical Entomology, spesies serangga tersebut ditemukan di Sunshine State.

Spesies baru dari nyamuk ini ditemukan pertama kali di Miami-Dade County pada tahun 2018. Penemuan ini dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of Florida/IFAS, pada saat mereka berburu nyamuk non-asli lainnya.

Sejak kali pertama ditemukan, populasi spesies baru nyamuk tersebut terus berkembang pesat, dan tercatat telah menyebar di Miami-Dade, Collier, dan Lee.

Peneliti menyebut bahwa nyamuk Culex lactator memiliki ciri fisik yang mirip dengan spesies nyamuk yang sudah ada di Florida. Karena kemiripannya dengan nyamuk umum lainnya, membuat keberadaan spesies ini mudah terlewatkan.