Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Kompas.com - 02/02/2023, 17:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti menemukan spesies ikan misterius di sebuah gua di China. Spesies ikan tersebut memiliki wujud aneh dengan struktur seperti tanduk yang menonjol di kepalanya, mirip makhluk legenda unicorn.

Namun tak hanya itu saja, ikan misterius berwujud aneh yang bersembunyi di perairan gelap di dalam gua ini tidak memiliki sisik atau warna, serta mata kecil yang belum sempurna.

Sehingga kemungkinan besar ikan misterius dengan tanduk ini tidak dapat melihat apa pun.

Dikutip dari Live Science, Rabu (1/2/2023) peneliti menemukan ikan aneh mirip unicorn ini ketika sedang mensurvei ikan gua dari genus Sinocyclocheilus di dalam gua di pegunungan Guizhou.

Baca juga: Seperti Apa Tubuh Lady Dai, Mumi Terbaik yang Pernah Diawetkan?

Saat tim peneliti mengumpulkan ikan yang berenang di kolam kecil dengan lebar 1,8 meter dan kedalaman 0,8 meter, peneliti tidak menyadari bahwa mereka mengumpulkan spesies yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Setelah membandingkan ikan misterius bertanduk unicorn ini dengan spesies lain yang diketahui dan menganalisis DNA mereka, peneliti baru menyadari apa yang mereka temukan.

Tim lantas memberi nama spesies ikan yang baru ini dengan Sinocyclocheilus longicornus. Nama ini sendiri berasal dari bahasa latin longus yang berarti panjang dan cornu yang berarti tanduk dahi.

Ikan misterius dengan tanduk mirip unicorn yang aneh ini memiliki panjang antara 10,5 hingga 14,6 Cm dan memiliki dua pasang sungut mirip kumis yang mereka gunakan untuk meraba-raba dalam kegelapan.

Baca juga: Seperti Apa Gambar Bulan dan Bumi yang Diambil Pengorbit Korea Selatan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com