Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Piranha Benar-benar Berbahaya Bagi Manusia?

Kompas.com - 12/04/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Piranha mempunyai image agresif sebagai pemakan daging, mampu mencabik-cabik tubuh manusia dalam hitungan detik.

Meskipun piranha kadang-kadang menyerang manusia, hal ini biasanya hanya terjadi ketika permukaan air rendah dan tidak pernah ada catatan resmi kematian akibat serangan piranha.

Baca juga: Seberapa Cepat Ikan Piranha Memakan Mangsanya?

Lalu, apakah piranha seberbahaya itu untuk manusia?

Piranha adalah karnivora ganas

Habitat asli ikan piranha adalah di sungai air tawar, danau, dan dataran banjir di Amerika Selatan, termasuk lembah Sungai Amazon yang besar

Kenyataannya, piranha karnivora yang paling ganas sekalipun hanya cenderung menyerang hewan yang lebih kecil dari dirinya, seperti piranha lain, ikan, katak, serangga, atau burung.

Hanya jika mereka sangat lapar, atau jika korbannya lemah atau terluka, mereka akan menyerang hewan yang lebih besar. Bagaimana dengan manusia? Apakah piranha juga berbahaya bagi manusia?

Apakah piranha bisa menyerang manusia?

Memang benar bahwa banyak manusia yang kehilangan satu jari tangan atau kaki karena piranha, namun kemungkinan kematiannya sangat kecil, meskipun banyak orang yang sering berenang di perairan yang dipenuhi piranha di Amerika Selatan.

Piranha lebih sering menjadi pemakan bangkai dibandingkan pemburu. Mereka cenderung menyerang daging mati dibandingkan hewan hidup. Manusia bahkan bukan bagian dari makanan normal piranha.

Dilansir dari Science ABC, Ivan Sazima, seorang peneliti asal Brazil, menyimpulkan bahwa kejadian piranha menyerang tubuh manusia hampir pasti terjadi setelah mereka mati.

Orang-orang meninggal di perairan Amazon sepanjang waktu karena sejumlah alasan, seperti tenggelam atau epilepsi. Setelah mati, piranha menyerbu untuk menyerang mayat tersebut.

Baca juga: Mengapa Piranha Memiliki Gigi yang Sangat Tajam?

Jika Anda kebetulan berada di perairan yang sama dengan piranha, ingatlah untuk tidak menimbulkan banyak suara dengan memercik.

Piranha tidak mempunyai kecenderungan untuk menyerang manusia hidup tanpa provokasi. Piranha yang berenang bebas tidak punya alasan untuk menyerang manusia.

Namun, seekor piranha yang tertangkap jaring ikan pasti akan menimbulkan masalah bagi siapa pun yang mendekatinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com