Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Piranha Berbahaya seperti dalam Cerita Film?

Kompas.com - 01/12/2022, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Piranha adalah spesies ikan air tawar dalam yang berasal dari Amerika Selatan, yang memiliki gigi setajam silet, yang siap mencabik-cabik mangsanya.

Ikan omnivora ini memiliki reputasi sebagai predator yang berbahaya. Sejauh ini diketahui terdapat, antara 30 hingga 60 spesies piranha.

Ada sekitar 20 spesies yang beragam di Sungai Amazon sendiri, dengan panjang antara 15 sentimeter sampai 20 sentimeter, bahkan ada yang telah didokumentasikan mencapai 50 sentimeter.

Lalu, apakah benar piranha berbahaya seperti yang digambarkan dalam banyak film? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Diduga Tewaskan Pesepak Bola Asal Brasil, Benarkah Piranha Bisa Memakan Manusia?

Apakah Piranha Berbahaya?

Ikan laut ini sebenarnya lebih sering menjadi pemulung daripada pemburu. Ya, piranha lebih memilih daging mati daripada makhluk hidup.

Fakta yang mengejutkan, piranha tidak berbahaya seperti yang digambarkan dalam film.

Layaknya sekawanan burung gagak yang menakutkan bagi sebagian besar manusia, deretan gigi tajam piranha juga tampak menakutkan bagi manusia.

Tapi, sama seperti ikan kecil lainnya, piranha mendengus saat merasa defensif dan takut pada manusia.

Meski piranha jarang menyerang manusia, mereka bisa menjadi lebih agresif dan menggigit saat makanan langka dan air surut di musim kemarau.

Sayangnya, banyak kejadian serangan piranha terjadi ketika manusia mengganggu sarangnya atau memprovokasi mereka dengan cipratan air.

Namun sekali lagi, pada dasarnya piranha bukanlah hewan laut yang menakutkan dan mengancam, selama mereka tak merasa terganggu.

Baca juga: Mengenal Ikan Piranha yang Memakan Pesepak Bola Asal Brasil hingga Tewas

Mengapa piranha punya gigi tajam?

Lantas sebenarnya, mengapa gigi tajam piranha tampak berbahaya? Jadi, umumnya piranha menggunakan giginya sebagai mekanisme pertahanan melawan pemangsa dan mengais makanan sehari-hari.

Ikan yang berukuran lebih kecil, kepiting, makhluk laut lainnya, tumbuhan, biji-bijian, dan buah merupakan makanan utama piranha.

Sebagian besar piranha adalah karnivora, tetapi beberapa spesies bertahan hidup hanya dengan potongan yang digigit dari sirip dan sisik ikan lain.

Sementara beberapa spesies piranha yang hiperaktif akan menyerang hewan hidup yang cukup besar, tapi hal ini sangat jarang terjadi.

Baca juga: 7 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Piranha hingga Anaconda Hijau

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com