Mengenal Ikan Piranha yang Memakan Pesepak Bola Asal Brasil hingga Tewas

Kompas.com - 03/04/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Seorang pesepak bola asal Brasil dikabarkan meninggal dunia setelah dimakan oleh ikan piranha.

Kejadian tersebut terjadi setelah pesepak bola yang diketahui bernama Luiz Henrique Coelho de Andrade dikejar pihak kepolisian, saat pihak kepolisian mengira Luiz adalah seorang penjahat dan Luiz melompat ke danau yang di dalamnya ada ikan piranha untuk menghindari kejaran polisi tersebut.

Dikutip dari Daily Star edisi Sabtu (2/4/2022), Luiz (21) meninggal dunia akibat dimakan ikan piranha, dan jasadnya pun sudah tidak dapat dikenali lantaran hanya menyisakan daging di tengkoraknya.

Baca juga: 7 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Piranha hingga Anaconda Hijau

Apa itu ikan piranha?

Piranha merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai, danau, dan daratan banjir Amerika Selatan, termasuk Sungai Amazon.

Meski dikenal sebagai karnivora yang ganas, piranha sebenarnya adalah omnivora yang juga memakan tumbuhan.

Di antara semua ikan bertulang, ikan piranha memiliki gigitan yang paling kuat. Beberapa laporan terkait serangan ikan piranha menyebut ikan ini dapat memberikan luka ringan hingga berat.

Disebutkan bahwa ikan piranha sebenarnya ikan yang tidak seganas seperti kebanyakan diceritakan dalam film-film. Namun, menurut para peneliti, ikan ini menjadi buas pada musim kering saat mangsa menipis.

Pada saat musim kering, mereka akan makan daging, bahkan ikan sejenis, serta memang bisa menggigit manusia karena giginya yang tajam.

Kemampuan menggigit ikan piranha termasuk dalam gigitan terkuat di antara jenis ikan lainnya.

Hal ini dikarenakan mereka mempunyai otot rahang yang besar dan gigi bergerigi tajam, sehingga bisa mengoyak daging dengan sangat kuat.

Ikan ganas ini semakin populer sejak munculnya buku Through the Brazilian Wilderness karya Teddy Roosevelt pada tahun 1913, film berjudul Piranha pada tahun 1978, dan karya atau berbagai pembicaraan lainnya.

Status kelangkaan atau status konservasi ikan piranha menurut data dari beberapa badan konservasi, seperti International Union for Conservation of Nature (IUCN), Convention on International Trade in Endangered Species (CITES), dan Convention on Migratory Species (CMS) adalah Not Evaluated (NE) atau masih belum dievaluasi.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Benarkah Piranha Bisa Memakan Manusia?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.