Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Tewaskan Pesepak Bola Asal Brasil, Benarkah Piranha Bisa Memakan Manusia?

Kompas.com - 04/04/2022, 13:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pesepak bola asal Brasil meninggal dunia setelah dimakan oleh ikan piranha.

Kejadian tersebut terjadi setelah pesepak bola yang diketahui bernama Luiz Henrique Coelho de Andrade dikejar pihak kepolisian, saat pihak kepolisian mengira Luiz adalah seorang penjahat. Kemudian, Luiz melompat ke danau yang ada ikan piranha untuk menghindari kejaran polisi tersebut.

Dikutip dari Daily Star edisi Sabtu (2/4/2022), Luiz (21) meninggal dunia akibat dimakan ikan piranha, dan jasadnya pun sudah tidak dapat dikenali lantaran hanya menyisakan daging di tengkoraknya.

Baca juga: Mengenal Ikan Piranha yang Memakan Pesepakbola asal Brasil hingga Tewas

Sebelum ditemukan tewas dimakan ikan piranha, diceritakan bahwa awal mula dari kejadian tersebut adalah ketika pihak berwenang atau kepolisian mengira Luiz sebagai penjahat saat ia pulang dari pertandingan sepak bola.

Petugas polisi dilaporkan memerintahkan Luiz untuk masuk ke Sungai Rio Negro di Manaus, di mana mereka diduga mulai ditembak.

Dalam situasi menegangkan itu, Luiz dikabarkan melompat ke danau untuk menghindari polisi yang mengejarnya.

Luiz yang tidak bisa berenang pun dilaporkan sempat berjuang untuk tetap mengapung saat berada di danau.

Lantas, benarkah ikan piranha bisa memakan manusia?

Pemahaman yang salah tentang piranha berawal dari tulisan Theodore Roosevelt.

Setelah kekalahan telak dari Woodrow Wilson dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 1912, Roosevelt mulai menjelajah dunia. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah “Sungai Kerugian” di kedalaman lembah Amazon, dan kini berganti nama menjadi Sungai Roosevelt.

Saat Roosevelt melakukan perjalanan, dia membawa 18 orang untuk menemaninya melakukan ekspedisi. Namun, yang kembali pulang ke AS hanya 16 orang, termasuk Roosevelt yang pulang dalam kondisi kritis akibat cedera kaki dan infeksi.

Perjalanan yang dilakukannya ke Brasil tidak berjalan mulus karena dihadang beragam masalah, seperti penyakit, cedera, kehabisan bahan makanan, kelelahan, tenggelam, dan terlibat pembunuhan.

Dalam perjamuan kedatangan tim Roosevelt, Pemerintah Brasil memberikan hiburan otentik yang hanya dapat dilihat di Rip Aripuana, Amazon. Pertunjukan itu berupa pengeroyokan seekor sapi hidup pesakitan oleh segerombolan ikan piranha.

Memang benar, sapi malang itu habis dimakan para piranha. Namun, menurut laporan pakar ikan tropis HR Axelrod, ini karena piranha sengaja dibiarkan kelaparan dan tidak diberi makan sama sekali selama berminggu-minggu.

Baca juga: 7 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Piranha hingga Anaconda Hijau

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com