Kompas.com - 01/12/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Gunung berapi telah ada sejak lama di planet Bumi. Berdasarkan sifat dan karakternya, gunung berapi ternyata dikelompokkan ke dalam beberapa jenis.

Gunung berapi adalah celah di kerak Bumi, tempat lava atau lahar, batu, dan gas, saat celah ini meletus. Terbentuknya gunung berapi juga dapat terjadi akibat akumulasi produk letusan, yakni magma atau lahar, batu dan gas tersebut.

Dilansir dari Live Science, Rabu (30/11/2022), para ahli juga meyakini, bahwa gunung berapi yang telah ada sejak lama, kemungkinan menjadi penyebab bencana seperti kepunahan massal pada sekitar 250 juta tahun lalu.

Menurut Seth D. Burgess dan Samuel A. Bowring, dalam makalah yang dipublikasikan di jurnal Science Advances tahun 2015, kepunahan massal di Bumi di masa itu menyebabkan musnahnya 90 persen kehidupan laut dan 75 persen spesies darat.

Salah satu perstiwa gunung meletus paling bersejarah dan terkenal sepanjang sejarah kegunungapian, adalah bencana Gunung Vesuvius yang meletus pada tahun 79 M.

Bencana gunung berapi di Italia masa lalu itu memusnahkan kota Pompeii dengan abu vulkanik, mengubur banyak penduduknya, dan wilayah ini pun menjadi situs arkeologi yang sangat penting sejak saat itu.