Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Piranha Memiliki Gigi yang Sangat Tajam?

Kompas.com - 05/12/2022, 11:08 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Piranha termasuk dalam keluarga ikan bertulang yang memiliki bentuk gigi sangat khas. Mereka adalah sepupu dari ikan pacu, yang memiliki gigi yang sangat mirip dengan gigi manusia.

Tapi tidak seperti gigi ikan pacu yang pipih, gigi piranha sangat tajam dan efektif. Ikan piranha bergigi tajam ini berasal dari Amerika Selatan, dan dapat ditemukan di lembah sungai Amazon dan Orinoco.

Piranha termasuk hewan ilegal untuk dimiliki sebagai hewan peliharaan di sebagian besar wilayah, sebagian besar untuk mencegah penyebaran piranha ke saluran air lain di dunia.

Baca juga: Benarkah Piranha Berbahaya seperti dalam Cerita Film?

Mengapa Gigi Piranha Sangat Tajam?

Piranha memiliki satu baris gigi yang sangat tajam yang membentang di sekitar mulut atas dan bawah.

Setiap gigi saling terpasang erat dengan gigi lainnya, terkadang membuatnya tampak tumpang tindih.

Deretan gigi tajam piranha itu menimbulkan mitos, bahwa piranha merupakan hewan laut buas yang bisa memakan daging apa saja, termasuk hewan berukuran besar seperti sapi, dan bahkan manusia.

Faktanya, piranha bukanlah karnivora sejati -- yang tak makan apa pun selain daging. Piranha adalah omnivora, yaitu pemakan daging dan tumbuhan.

Gigi piranha tajam karena dua alasan, pertama untuk mencabik-cabik mangsanya seperti ikan kecil, dan kedua untuk mengikis tumbuhan di dasar sungai atau danau yang keruh.

Gigi piranha dirancang secara unik untuk memotong daging, tetapi mereka juga terbiasa memakan tumbuhan.

Baca juga: Apakah Ikan Piranha Aman untuk Dimakan?

Berapa Banyak Gigi yang Dimiliki Piranha?

Piranha umumnya memiliki sekitar 20 gigi yang dapat tumbuh hingga sepanjang 4 mm. Gigi bawah mereka biasanya lebih besar dari gigi atasnya, dan mereka memiliki underbite yang menonjol, sehingga giginya tampak menonjol seperti rahang bawah hiu.

Piranha, seperti banyak ikan bergigi lainnya, adalah polyphyodonts – artinya mereka terus-menerus mengganti gigi yang patah atau hilang sepanjang hidup mereka.

Tapi, tidak seperti hiu yang mengganti satu gigi pada satu waktu, piranha mengganti seluruh sisi gigi sekaligus.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa, karena sifat gigi piranha yang saling terkait, mereka tidak dapat menggantinya satu per satu.

Sebaliknya, piranha biasanya akan kehilangan semua gigi di satu sisi mulutnya sekaligus. Gigi-gigi ini kemudian segera berganti dengan deretan gigi baru yang sudah saling bertautan dan setajam silet.

Baca juga: Diduga Tewaskan Pesepak Bola Asal Brasil, Benarkah Piranha Bisa Memakan Manusia?

Ilustrasi piranha perut merah (Pygocentrus nattereri). Ilustrasi piranha perut merah (Pygocentrus nattereri).

Kekuatan Gigitan Piranha

Piranha bukan hanya dikenal karena giginya yang tajam, tapi juga dikenal karena kekuatan gigitannya. Meskipun tubuhnya kecil sekitar 15-30 sentimeter, gigitan piranha tak bisa diremehkan.

Piranha memiliki otot rahang yang sangat kuat, dan semua otot rahang tersebut dirancang untuk mencengkeram dan menusuk ikan kecil untuk ditelan utuh, dan untuk memotong potongan ikan yang lebih besar. Selain itu juga efektif untuk mencabut tanaman di dasar laut.

Baca juga: Apa Makanan Ikan Piranha?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com