Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

KOMPAS.com - Peneliti menemukan spesies ikan misterius di sebuah gua di China. Spesies ikan tersebut memiliki wujud aneh dengan struktur seperti tanduk yang menonjol di kepalanya, mirip makhluk legenda unicorn.

Namun tak hanya itu saja, ikan misterius berwujud aneh yang bersembunyi di perairan gelap di dalam gua ini tidak memiliki sisik atau warna, serta mata kecil yang belum sempurna.

Sehingga kemungkinan besar ikan misterius dengan tanduk ini tidak dapat melihat apa pun.

Dikutip dari Live Science, Rabu (1/2/2023) peneliti menemukan ikan aneh mirip unicorn ini ketika sedang mensurvei ikan gua dari genus Sinocyclocheilus di dalam gua di pegunungan Guizhou.

Saat tim peneliti mengumpulkan ikan yang berenang di kolam kecil dengan lebar 1,8 meter dan kedalaman 0,8 meter, peneliti tidak menyadari bahwa mereka mengumpulkan spesies yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Setelah membandingkan ikan misterius bertanduk unicorn ini dengan spesies lain yang diketahui dan menganalisis DNA mereka, peneliti baru menyadari apa yang mereka temukan.

Tim lantas memberi nama spesies ikan yang baru ini dengan Sinocyclocheilus longicornus. Nama ini sendiri berasal dari bahasa latin longus yang berarti panjang dan cornu yang berarti tanduk dahi.

Ikan misterius dengan tanduk mirip unicorn yang aneh ini memiliki panjang antara 10,5 hingga 14,6 Cm dan memiliki dua pasang sungut mirip kumis yang mereka gunakan untuk meraba-raba dalam kegelapan.

Kendati mungkin ciri tubuh mereka yang paling menarik adalah struktur di kepala yang panjang seperti tanduk, namun bagian tubuh yang belum jelas kegunaannya ini tidak ditemukan pada spesies lain yang berkerabat dekat dengan S.longicornus.

Penjelasan yang paling logis dari penemuan spesies baru ikan misterius bertanduk ini adalah bahwa tanduk unicorn tersebut membantunya untuk melihat dalam kegelapan.

Namun ukuran tanduk yang tidak biasa ditambah bahwa spesies baru ini tidak berkerabat dekat dengan spesies bertanduk panjang lainnya, menunjukkan bahwa tanduk panjang telah muncul setidaknya pada dua kesempatan terpisah dalam genus tersebut.

Oleh karena itu, membandingkan kondisi lingkungan S.longicornus dengan beberapa spesies ikan bertanduk panjang lainnya dapat mengungkapkan untuk apa sebenarnya struktur misterius itu digunakan.

Ikan aneh dalam genus Sinocyclocheilus hanya ditemukan di China, biasanya di dalam kolam kecil yang diselimuti kegelapan.

Sedikitnya ada 76 spesies Sinocyclocheilus yang diketahui dan sebagian besar memiliki karakteristik yang mirip dengan spesies yang baru ditemukan, seperti pengelihatan berkurang atau bahkan buta, kurang sisik dan tidak ada pigmentasi.

Akan tetapi hanya beberapa ikan Sinocyclocheilus yang memiliki tanduk. Temuan ikan misterius bertanduk unicorn di China ini pun telah dipublikasikan pada 17 Januari 2023 di jurnal ZooKeys.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/02/02/170000523/seperti-apa-wujud-ikan-misterius-yang-ditemukan-di-gua-china-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke