Seperti Apa Wujud Penguin Raksasa yang Pernah Hidup di Bumi?

Kompas.com - 11/02/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Penguin yang hidup saat ini ternyata memiliki nenek moyang dengan ukuran tubuh sangat besar, bahkan mungkin berukuran raksasa.

Penemuan tak sengaja ini terungkap dari fosil penguin raksasa oleh Alan Tennyson dari Museum Selandia Baru Te Papa Tongarewa, saat menjelajahi bongkahan batu yang terkikis di pantai timur Pulau Selatan Selandia Baru.

Fosil penguin raksasa berusia 57 juta tahun tersebut diidentifikasi sebagai Kumimanu fordycei. Berdasarkan analisis tulang siripnya, penguin tersebut diperkirakan memiliki berat sekitar tiga kali berat penguin kaisar besar atau 154 Kg.

Sebagai perbandingan penguin kaisar memiliki berat antara 22 hingga 48 Kg.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (10/2/2023) ketika tumbukan asteroid di Chicxulub memusnahkan dinosaurus non-unggas, mamalia memiliki ukuran yang kecil dan hidup di darat.

Butuh beberapa saat bagi mereka untuk tumbuh besar dan lebih lama lagi untuk menjajah lautan. Dengan hilangnya reptil laut raksasa, tampaknya penguin mengisi celah tersebut dan tumbuh dengan ukuran yang mengesankan.