Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Wujud Ular yang Dinamai Leonardo DiCaprio dari Hutan Panama?

Kompas.com - 04/02/2023, 10:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Bumi adalah rumah bagi banyak spesies, bahkan banyak di antaranya yang menanti untuk ditemukan. Salah satunya seekor ular yang belum lama ini ditemukan di belantara hutan Panama.

Uniknya, ular bermata oranye cerah ini dinamai Leonardo DiCaprio. Sosok aktor Hollywood yang juga dikenal kerap menyuarakan persoalan lingkungan.

Seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (4/2/2023), ular tersebut adalah satu dari lima spesies ular yang sebelumnya tidak dikenal yang ditemukan di hutan Panama.

Merayap di antara semak belukar di kaki bukit hutan Panama, rupa ular ini begitu unik, mirip bara api berwarna oranye cerah dengan mata bulat seperti bara api.

Ular tersebut diberikan nama oleh Leonardo DiCaprio sebagai Sinon irmelindicaprioae, yang diambil dari nama ibunya, Irmelin Indenbirken.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Nama ular, Sinon irmelindicaprioae ini diartikan sebagai spesies ular pemakan siput DiCaprio, yang merupakan spesies ular yang ditemukan di hutan Amerika Tengah dan Selatan.

Dalam sebuah studi baru menyebut, bahwa peneliti mendeskripsikan spesies baru tersebut dan menjelaskan bagaimana operasi penambangan emas dan tembaga di wilayah tersebut dapat mengancam kelangsungan hidup dan habitat ular menakjubkan lainnya.

"Spesies ular baru ini hanyalah puncak gunung es dalam hal penemuan spesies baru di wilayah ini," kata penulis utama Alejandro Arteaga, presiden dan direktur penelitian di Khamai Foundation, sebuah organisasi nonpemerintah yang berfokus pada konservasi, dalam sebuah pernyataan.

Akan tetapi, imbuhnya, jika penambangan ilegal yang berlanjut pada tingkat ini, mungkin tidak akan memberikan peluang untuk membuat penemuan spesies di masa yang akan datang.

Hal ini juga yang menjadi ancaman mengkhawatirkan bagi spesies ular seperti ular-ular pemakan siput dari hutan Panama yang baru diidentifikasi tersebut.

Baca juga: Seperti Apa Tubuh Lady Dai, Mumi Terbaik yang Pernah Diawetkan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com