Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Ikan yang Hidup di Kedalaman 8.000 Meter?

Kompas.com - 05/04/2023, 21:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Palung Izu-Ogasawara di Jepang memang tidak sedalam Palung Mariana yang terkenal. Namun ikan yang mampu bertahan hidup di kedalaman Izu-Ogasawara tampaknya jauh lebih banyak.

Baru-baru ini, tim ekspedisi berhasil menangkap ikan di Izu-Ogasawara di kedalaman lebih dari 8 Km di bawah permukaan laut. Temuan ini menjadi pemecahan rekor ikan yang ditemukan di laut dalam.

Tim yang bertanggung jawab dalam ekspedisi ini pun percaya bahwa mereka mendekati kedalaman maksimum di mana ikan dapat ditemukan.

Penemuan ikan di palung Izu-Ogasawara

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, palung Izu-Ogasawara menjadi salah satu palung terdalam di dunia.

Palung ini memiliki kedalaman hingga 9.780 meter, dan terletak di bagian barat Samudra Pasifik, dekat dengan Jepang.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Di tempat tersebut, para ilmuwan berhasil memfilmkan spesies ikan Pseudoliparis belyaevi, sejenis ikan siput, pada kedalaman 8.336 meter

Seperti dilansir IFL Science, Selasa (4/4/2023) temuan ini pun memecahkan rekor ikan yang ditemukan di laut dalam. Rekor sebelumnya, ikan laut dalam ditemukan pada kedalaman 8.178 meter di Palung Mariana.

Palung Mariana adalah palung terdalam yang diketahui dan paling banyak dipelajari, tetapi mungkin bukan yang paling menarik secara biologis.

Meski kedalaman dan tekanan memang membentuk kehidupan di palung Mariana juga bisa membentuk kehidupan di lingkungan tersebut, tapi itu bukan satu-satunya faktor. Suhu juga penting untuk menciptakan kehidupan di laut dalam tersebut.

Sementara itu, Izu-Ogasawara adalah palung terhangat, sehingga lebih ramah untuk hidup bagi organisme atau makhluk laut seperti ikan Pseudoliparis belyaevi di kedalaman palung tersebut.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Nyamuk Baru yang Ditemukan di Florida?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com