Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Katak Termasuk Hewan Penyerbuk Tanaman?

Kompas.com - 10/05/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini kita mengenal serangga sebagai hewan penyerbuk tanaman. Namun, apakah hewan lain, seperti katak bisa termasuk di antaranya?

Hubungan antara tanaman dan serangga sebagai hewan penyerbuk telah banyak terdokumentasikan dengan baik.

Namun, kini peneliti di Brasil telah menemukan hubungan baru antara tanaman dengan makhluk yang sangat tidak terduga, yang kemungkinan bisa bertindak sebagai penyerbuk tanaman.

Peilaku katak sebagai hewan penyerbuk

Dikutip dari IFL Science, Selasa (9/5/2023) peneliti berhasil melakukan pengamatan yang belum pernah terlihat sebelumnya pada katak pohon Brasil Izecksohn (Xenohyla truncata).

Katak tersebut telah diamati mencelupkan tubuhnya ke dalam bunga pohon buah susu Brasil (Cordia taguahyensis).

Spesies katak ini sudah dikenal sebagai penyebar biji dan memiliki pola makan yang tidak biasa yaitu omnivora dengan kesukaan khusus pada buah-buahan, dan hanya sesekali memangsa mangsa katak invertebrata yang lebih umum.

Baca juga: Apakah Kura-kura dan Jerapah Hewan Herbivora?

Katak penyerbuk ini ditemukan di dataran pantai negara bagian Rio de Janeiro, Brasil, di mana ia menghabiskan hari dengan berlindung di dalam tumbuhan bromeliad.

Perilaku spesies katak pohon ini sebenarnya sudah dianggap unik karena perannya sebagai penyebar benih.

Sekarang peneliti bersiap untuk memasukkan katak ini sebagai spesies amfibi yang bisa menyebarkan serbuk sari.

Dalam pengamatannya, peneliti melihat katak memakan memakan kelopak dan nektar pohon buah susu dan memakan bunga dari spesies pohon kedua, iris berjenggot alien (Iris x germanica).

Selama pengamatan, para peneliti mencatat katak memakan buah dan bunga dari pohon-pohon ini dengan gerakan seperti hisap.

Baca juga: Apakah Ada Hewan yang Tetap Awet Muda?

 

Seekor katak diamati sepenuhnya memasuki bunga, dan ketika muncul setelah kira-kira lima menit ada serbuk sari yang menempel di punggungnya.

Ini adalah pertama kalinya spesies katak diamati secara aktif memakan nektar dan bunga. Penelitian ini juga merupakan bukti bahwa katak ini dapat bertindak sebagai penyerbuk.

Memakan bunga dan nektar yang memiliki kandungan energi dan konsentrasi gula yang tinggi bisa memberikan manfaat bagi katak. Misalnya saja, bagi katak betina yang menghasilkan sel telur.

Lebih lanjut, katak pohon Brasil tidak dapat digolongkan sebagai penyerbuk sejati ketika memakan nektar bunga iris karena katak menghancurkannya.

Berbeda ketika, katak memakan nektar pohon buah susu. Mereka tidak merusak bunganya dan serbuk sarinya menempel di punggung setelah mengkonsumsi nektarnya.

Studi tentang peran spesies katak Brasil sebagai hewan penyerbuk ini telah dipublikasikan di Food Webs.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Menunda Kehamilannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com