Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2023, 12:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hewan yang mengonsumsi jenis makanan tertentu diklasifikasikan ke beberapa kelompok, seperti hewan herbivora sebutan untuk pemakan tumbuhan dan karnivora pemakan daging, atau omnivora sebutan untuk hewan pemakan segala.

DIlansir dari IFL Science, Senin (3/4/2023) orang-orang berpikir kura-kura Seychelles akan berkeliaran di lantai hutan sambil membawa dedaunan dan buah-buahan. Sebagian besar memang demikian.

Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa hewan-hewan ini ternyata tidak hanya mengkonsumsi dedauan.

Rekaman mengejutkan menunjukkan seekor kura-kura menyerang dengan agak brutal anak burung sebelum akhirnya melahapnya secara kesuluruhan.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Menunda Kehamilannya?

Temuan itu menjadi hal yang tidak biasa dan membuat peneliti percaya bahwa beberapa kura-kura ternyata mahir berburu, salah satunya memangsa hewan kecil seperti anak burung.

Hal ini juga terjadi pada bebek mallard. Menurut Royal Society for the Protection of Birds hewan tersebut makan biji-bijian, biji pohon ek, beri, tumbuhan, serangga, dan kerang.

Namun di Rumania, mallard liar terlihat menambahkan sesuatu yang tidak biasa dalam menu makan mereka. Mallard ditemukan aktif memakan burung lain.

Para peneliti berpikir mereka mungkin memakan burung lain karena kurangnya makanan karena ikan telah memakan semua larva serangga yang jadi makanan mereka.

Baca juga: Apakah Ada Hewan yang Tetap Awet Muda?

 

Lalu, masih ada mamalia berleher panjang yaitu jerapah. Selama ini kita mengenal jerapah sebagai herbivora yang memakan pucuk-pucuk daun.

Namun, jerapah diketahui memakan tengkorak impala. Namun tidak memakan seluruh tulangnya, tetapi hanya menggigit sedikit untuk membantu mengeluarkan nutrisi penting seperti fosfot dan kalsium.

Salah satu jerapah di Kebun Binatang Werribee Open Plains di Australia bernama Tony bahkan terkenal suka memakan kelinci mati di depan pengunjung.

Salah satu spesies paling terkenal di dunia lainnya, panda raksasa dikenal mengonsumsi bambu dalam jumlah besar.

Tapi siapa sangka, hewan berbulu hitam putih ini tidak sepenuhnya vegetarian dan kadang-kadang berburu pika dan hewan pengerat lainnya.

Sementara orang suka menetapkan kategori makanan, hewan-hewan di atas sepertinya tidak memiliki konsep tentang hal tersebut dan akan dengan senang hati memakan apa saja yang mereka sukai.

Baca juga: Apakah Unta Menyimpan Air di Punuknya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com