Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manusia sendiri dengan pasti akan mengatakan bahwa tidur itu mutlak diperlukan. Seperti halnya manusia, hewan juga memerlukan tidur.

Akan tetapi, apakah tidur memang benar-benar berguna dan diperlukan untuk bertahan hidup, terutama bagi hewan?

Kendati tidur adalah hal mutlak bagi manusia, namun tak jarang seseorang sering kesulitan untuk beraktivitas, bahkan setelah hanya satu malam mereka tidak tidur.

Kurang tidur dalam jangka panjang pun telah dikaitkan dengan sejumlah efek kesehatan negatif, mulai dari penyakit jantung dan stroke hingga penambahan berat badan dan diabetes.

Fungsi tidur bagi hewan

Hubungan tersebut, serta fakta bahwa semua hewan tampaknya tidur, menunjukkan bahwa tidur pasti juga memainkan fungsi penting bagi hewan.

Lantas, apa fungsi tidur bagi hewan?

Apakah tidur memungkinkan otak memperbaiki kerusakan dan memproses informasi atau membantu pengaturan energi dalam tubuh?

Baca juga: Apakah Hewan Mengenali Dirinya di Depan Cermin?

Pada tahun 1890-an, Marie de Manacéïne, salah satu dokter wanita pertama di Rusia, terganggu oleh misteri tidur. Dalam pencariannya untuk mencari tahu apakah sebenarnya tidur itu, dia melakukan eksperimen kurang tidur pertama pada hewan.

Dikutip dari Live Science, Rabu (15/2/2023) dengan menggunakan pendekatan yang sekarang bisa dianggap cukup kejam, ia membuat anak anjing untuk terus terjaga.

Ia kemudian menemukan bahwa mereka mati setelah beberapa hari kurang tidur.

Selama beberapa dekade berikutnya, percobaan kurang tidur lebih lanjut menggunakan hewan lain, seperti hewan pengerat dan kecoak, menemukan hasil yang sama fatalnya.

Namun, penyebab kematian dalam kasus ini, dan bagaimana hubungannya dengan tidur, masih belum diketahui.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Science Advances, mencoba untuk menjelaskan tidur dengan cara mengamati hewan yang memiliki waktu tidur sangat singkat, yaitu lalat buah.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Memprediksi Cuaca?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com