Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Buaya Terbesar di Dunia yang Hidup di Penangkaran?

Kompas.com - 09/06/2023, 11:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cassius adalah buaya terbesar di dunia yang hidup di penangkaran. Usianya saat ini diperkirakan lebih dari 100 tahun.

Buaya terbesar ini ditangkap pada tahun 1984, karena menyebabkan masalah di peternakan sapi. Selanjutnya, para peneliti membawanya ke Green Island, Australia, tempat ia tinggal sampai sekarang.

Cassius baru saja menginjak usia 120 tahun, atau setidaknya itulah perkiraan umurnya.

Pasalnya, sulit menentukan umur buaya berdasarkan ukurannya. Begitu mereka mencapai usia dewasa, laju pertumbuhan buaya melambat dan akhirnya terhenti.

Buaya dengan ukuran besar biasanya tumbuh saat remaja dengan jantan yang biasanya berukuran lebih besar dari betina.

"Tidak ada cara untuk mengetahui usia Cassius yang sebenarnya karena dia lahir di alam liar dan usianya hanya perkiraan," kata Toody Scoot, penjaga buaya yang merawat Cassius di Green Island, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Seperti Apa Amfibi Purba yang Berenang Mirip Buaya pada 250 Juta Tahun Lalu?

Penangkapan buaya Cassius

Pada tahun 1984, para peneliti menangkap buaya berukuran 5,5 meter ini di peternakan sapi di barat daya Darwin, Australia setelah pemilih peternakan kehilangan ternak.

Saat itu, Cassius diperkirakan berusia antara 30 hingga 80 tahun dan merupakan buaya terbesar yang pernah ditangkap hidup-hidup di Australia.

Hampir 40 tahun kemudian, dan setelah 35 tahun tinggal di Green Island, buaya itu masih tumbuh. Itu hal yang tidak biasa bagi buaya besar.

Cassius adalah tangkapan yang sulit bagi Webb dan rekan-rekannya di tahun 1980-an. Pasalnya, buaya besar adalah target utama para pemburu, sehingga membuat mereka sangat waspada. Hal itu membuat peneliti jarang memiliki kesempatan untuk mempelajarinya.

Sekarang buaya terbesar ini pun sama sekali tidak waspada. Namun masih memiliki semangat dan siap berinteraksi.

Cassius sendiri telah memegang Rekor Dunia Guinness untuk buaya terbesar di dunia yang hidup di penangkaran sejak tahun 2011.

Baca juga: Bukti Buaya Betina Bisa Bertelur Tanpa Kawin Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com