Kompas.com - 27/09/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Jutaan tahun yang lalu, reptil laut besar berleher panjang hidup di perairan kuno. Monster laut bermuka buaya ini pernah menguasai wilayah perairan yang sekarang menjadi bagian dari wilayah Wyoming, Amerika Serikat.

Semasa hidupnya, reptil laut itu menggunakan leher dan rahangnya yang mirip buaya untuk menangkap ikan dan makhluk laut kecil lainnya.

Dilansir dari Live Science, Selasa (27/9/2022) ahli paleontologi menemukan fosil monster laut ini pada tahun 1995.

Penemuan monster laut ini dilakukan selama penggalian di bagian paling atas Pierre Shale, sebuah formasi geologis yang berasal dari periode Kapur Atas (sekitar 101 juta hingga 66 juta tahun yang lalu).

Tak seperti plesiosaurus lainnya, hewan ini memiliki karakteristik fisik yang membedakannya dari anggota lain dari kelompok reptil laut yang telah punah ini.