Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Jutaan tahun yang lalu, reptil laut besar berleher panjang hidup di perairan kuno. Monster laut bermuka buaya ini pernah menguasai wilayah perairan yang sekarang menjadi bagian dari wilayah Wyoming, Amerika Serikat.

Semasa hidupnya, reptil laut itu menggunakan leher dan rahangnya yang mirip buaya untuk menangkap ikan dan makhluk laut kecil lainnya.

Dilansir dari Live Science, Selasa (27/9/2022) ahli paleontologi menemukan fosil monster laut ini pada tahun 1995. 

Penemuan monster laut ini dilakukan selama penggalian di bagian paling atas Pierre Shale, sebuah formasi geologis yang berasal dari periode Kapur Atas (sekitar 101 juta hingga 66 juta tahun yang lalu).

Tak seperti plesiosaurus lainnya, hewan ini memiliki karakteristik fisik yang membedakannya dari anggota lain dari kelompok reptil laut yang telah punah ini.

Baca juga: Ditemukan Fosil Monster Laut yang Hidup 66 Juta Tahun Lalu, Apa Itu?

Sekarang, para peneliti telah mengungkapkan temuan monster laut purba bermuka buaya ini merupakan spesies baru ini dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara daring pada 26 September di jurnal iScience.

"Plesiosaurus biasanya terdiri dari dua jenis morfologi yang berbeda, memiliki leher panjang seperti ular dengan kepala kecil atau leher pendek dengan rahang seperti buaya," ungkap Walter Scott Persons IV, ahli paleontologi dari College of Charleston di South Carolina.

Tetapi Persons yang juga merupakan penulis utama studi mengungkapkan pula bahwa fosil yang ditemukan menunjukkan makhluk laut tersebut merupakan persilangan antara keduanya.

Ahli paleontologi menamai monster laut bermuka buaya itu sebagai Serpentisuchops pfisterae, yang diterjemahkan menjadi "buaya berliku".

Baca juga: Niat Cari Batu Mulia, Penambang Malah Temukan Monster Laut Purba

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com