Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air menutupi lebih dari 70 persen dari planet Bumi yang kita tinggali, dan 96,5 persen dari air itu disimpan di lautan atau samudra.

Namun ada berapa banyak samudra yang ada di Bumi untuk menampung semua air tersebut?

Ternyata jumlah samudra di planet ini masih menjadi perdebatan dan para ahli tidak dapat menyetujui berapa banyak lautan yang sebenarnya dimiliki Bumi.

Dikutip dari Live Science, Kamis (8/6/2023) secara teknis hanya ada satu lautan global karena semua lingkungan laut terhubung.

Namun ada juga empat cekungan samudra yang ditentukan secara geografis yaitu Samudra Atlantik, Pasifik, Hindia, dan Arktik.

Dan pada tahun 2021, National Geographic Society menambahkan kerumitan lain pada perdebatan itu dengan mendeklarasikan samudra kelima di perairan dingin yang mengelilingi Antartika bernama Samudra Selatan.

Baca juga: Berapa Banyak Berlian yang Masih Tersimpan di Bumi?

Perdebatan soal jumlah samudra Bumi

Jadi sebenarnya berapa jumlah samudra? Jawabannya tergantung pada siapa Anda bertanya.

Organisasi Hidrografi Internasional yang beranggotakan 98 negara anggota dan bertanggung jawab untuk mendemarkasi batas-batas samudra, belum mengakui Samudra Selatan karena belum mendapatkan persetujuan penuh dari para anggotanya.

Ada hal yang membuat menjadi pertimbangan mengapa beberapa pihak tidak menyetujui Samudra Selatan sebagai lautan di dunia.

Sementara samudra lain ditentukan oleh benua yang berbatasan dengannya, Samudra Selatan dicirikan oleh arusnya mengalir dari barat ke timur dan dikenal sebagai Antarctic Circumpolar Current (ACC).

Arus unik di Samudra Selatan ini, kemungkinan terbentuk 34 juta tahun lalu, mengedarkan perairan yang mengelilingi Antartika hingga garis lintang sekitar 60 derajat selatan.

Baca juga: Berapa Banyak Gunung Berapi Bawah Laut di Bumi?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com