Berapa Banyak Gunung Berapi Bawah Laut di Bumi?

Kompas.com - 04/05/2023, 09:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Lautan menjadi bagian dari planet yang belum banyak dieksplorasi, baru sekitar seperempat dari seluruh dasar lautan Bumi yang baru dipetakan. Termasuk pemetaan keberadaan gunung berapi bawah laut.

Memetakan keberadaan gunung berapi bawah laut menjadi penting, karena ketinggiannya dapat menjulang ribuan meter dalam kegelapan, sehingga membahayakan kapal selam.

Di mana, banyak di antaranya berada di kawasan pegunungan kuno yang dibentuk oleh aktivitas gunung berapi.

Kini dalam sebuah penelitian baru yang dipimpin oleh ilmuwan bumi, Julie Gevorgian dari Scripps Institution of Oceanography di California, tim pun berhasil memetakan dan mengetahui ada berapa banyak gunung api bawah laut di Bumi ini.

Tim ilmuwan tersebut seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (3/5/2023) berhasil mengindentifikasi lebih dari 19.000 gunung berapi bawah laut baru dengan menggunakan kumpulan data satelit baru.

"Begitu banyak puncak bawah air telah ditemukan dan ini luar biasa. Terutama ketika menyadari seberapa besar gunung bawah laut itu dan bagaimana mereka sebelumnya tidak diketahui," kata Gevorgian.