Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari kita mungkin sering berbicara kepada diri sendiri karena berbagai alasan. Kebiasaan ini bisa datang dari kesepian, stres, kecemasan, atau trauma.

Alasan lain seseorang mungkin suka berbicara pada diri sendiri adalah berusaha memecahkan masalah, merencanakan sesuatu, dan memotivasi diri sendiri.

Apakah bicara pada diri sendiri adalah normal?

Dilansir dari Verywell Health, pada umumnya, kebiasaan berbicara kepada diri sendiri adalah sesuatu yang sehat, normal, dan bahkan bermanfaat untuk memproses pikiran dan pengalaman.

Selain merupakan kebiasaan yang normal, ucapan pada diri sendiri atau self-directed (istilah ilmiah untuk berbicara kepada diri sendiri) sebenarnya dapat bermanfaat bagi kita.

Baca juga: Sering Bicara dengan Diri Sendiri, Apakah Pertanda Mengidap Gangguan Jiwa?

Manfaat bicara dengan diri sendiri

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat bicara dengan sendiri yang mungkin belum diketahui.

1. Membantu menemukan sesuatu 

Menurut penelitian tahun 2012, menyebutkan nama benda apa pun yang kita cari dengan lantang dapat membantu kita menemukannya dengan lebih mudah, alih-alih sekadar memikirkan benda tersebut.

Peneliti mengatakan, cara ini berfungsi karena mendengar nama benda akan mengingatkan otak akan benda yang sedang dicari. Cara ini pun membantu kita memvisualisasikannya dan memperhatikannya dengan lebih mudah.

2. Membantu tetap fokus

Menjelaskan proses kepada diri sendiri dapat membantu menemukan solusi dan menyelesaikan masalah karena kita bisa lebih fokus pada setiap langkah.

Baca juga: Kebiasaan Bicara Bahasa Campur Khas Anak Jaksel, Apa Dampaknya?

Mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, bahkan yang sederhana atau retoris, seperti "Jika saya meletakkan bagian ini di sini, apa yang terjadi?" juga dapat membantu berkonsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan.

3. Membantu memotivasi diri sendiri 

Ketika merasa mandek atau tertantang, sedikit self-talk yang positif dapat memberikan motivasi bagi diri sendiri .

Kata-kata penyemangat ini biasanya lebih berbobot ketika kita mengucapkannya dengan lantang daripada sekadar memikirkannya.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat. Penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa jenis motivasi diri ini bekerja paling baik saat kita berbicara kepada diri sendiri sebagai orang kedua atau ketiga.

Dengan kata lain, kita tidak mengatakan, "Saya benar-benar bisa melakukan ini." Sebaiknya, sebut diri sendiri dengan nama atau mengatakan sesuatu seperti, “Kamu baik-baik saja. Kamu telah menyelesaikan begitu banyak hal. Sedikit lagi.” 

Baca juga: Anak Terlambat Bicara, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Membantu memproses perasaan yang sulit

Saat bergulat dengan emosi yang sulit, membicarakannya dapat membantu kita menjelajahi emosi dengan lebih hati-hati.

Beberapa emosi dan pengalaman sangat pribadi sehingga kita mungkin tidak ingin membaginya dengan siapa pun, bahkan teman yang tepercaya.

Meluangkan waktu untuk duduk dan mencerna emosi ini dapat membantu kita untuk memilah hal-hal yang dikhawatirkan.

Meskipun kita dapat melakukan hal ini di kepala atau menuliskannya di atas kertas, mengatakannya dengan lantang dapat membantu membuatnya menjadi kenyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com