Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2024, 17:34 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stres adalah perasaan ketegangan emosional atau fisik. Itu bisa datang dari peristiwa atau pemikiran apapun yang membuat Anda merasa frustasi, marah, atau gugup.

Dilansir dari laman resmi MadlinePlus, stres adalah reaksi tubuh terhadap tantangan atau tuntutan lingkungan.

Baca juga: Merapikan Ruang Pribadi Bantu Redakan Stres, Kok Bisa?

Dalam jangka pendek, stres bisa berdampak positif, seperti membantu Anda menghindari bahaya atau memenuhi tenggat waktu.

Namun jika stres berlangsung dalam jangka waktu lama, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan bahkan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Penyebab stres pada setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, tidak mungkin untuk menghindari semua penyebab stres. Akan tetapi, meminimalkan stres dalam hidup dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda.

Meringankan stres melalui pola makan

Dilansir dari Health.com, mengikuti pola makan bergizi dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, kecemasan, serta gejala depresi.

Apa saja makanan yang dapat membantu meringankan stres? Berikut daftarnya.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan senyawa pereda stres seperti omega-3 , L-tryptophan, L-tyrosine, dan vitamin D.

L-triptofan dan L-tirosin adalah asam amino pekat dalam ikan berlemak yang diperlukan untuk produksi neurotransmiter pengatur hormon dopamin dan serotonin.

Studi menunjukkan bahwa pola makan yang kaya triptofan dan asam amino lain mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental dan dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, mengurangi gejala kecemasan serta depresi.

Baca juga: Bagaimana Stres Memengaruhi Nafsu Makan?

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung beberapa nutrisi yang terlibat dalam pengaturan suasana hati dan respons stres, seperti L-tryptophan, magnesium, polifenol, dan karotenoid.

Sebuah studi tahun 2022 yang melibatkan 8.640 orang menemukan bahwa orang dengan asupan kacang-kacangan yang lebih tinggi memiliki tingkatan stres 26 persen lebih kecil.

Buah Beri

Buah beri kaya akan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Mengandung vitamin dan mineral yang terlibat dalam pengaturan suasana hati dan respon stres.

Buah beri juga dikaitkan dengan tingkat optimisme yang lebih tinggi, penurunan tingkat tekanan psikologis, dan perlindungan terhadap gejala depresi

Matcha

Matcha kaya akan L-theanine, asam amino yang memiliki efek menghilangkan stres dan anti kecemasan.

Apel, Pir, Pisang, dan Jeruk

Asupan buah-buahan secara umum dapat membantu mengurangi stres. Namun, berdasarkan studi, beberapa buah lebih baik dalam meringankan stres.

Para peneliti berpendapat bahwa tingginya jumlah mineral, vitamin, dan fitokimia lain yang ditemukan dalam Apel, Pir, Pisang dan Jeruk berkontribusi dalam meredakan stres.

Baca juga: 5 Jenis Stres yang Perlu Anda Tahu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com