Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Tempat Mumifikasi Mesir Kuno Berusia 2400 Tahun?

Kompas.com - 01/06/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pihak berwenang Mesir mengumumkan penemuan tempat mumifikasi dan juga makam kuno di sebuah situs arkeologi di luar Kairo, Mesir.

Tempat mumifikasi yang disebut paling besar dan terlengkap ini digali di pekuburan Saqqara, yang merupakan bagian dari ibu kota kuno Mesir Memphis, yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Penemuan tempat mumifikasi kuno

Dikutip dari Independent, Selasa (30/5/2023) tempat tersebut menurut Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, digunakan untuk membuat mumi manusia dan hewan suci sekitar 2.400 tahun yang lalu.

Sementara itu, arkeolog mengatakan bahwa workshop berasal dari akhir Dinasti Firaun ke-30 (380 SM hingga 343 SM) dan periode Ptolemeus (305 SM hingga 30 SM).

Peneliti juga menemukan sejumlah temuan arkeologis di situs tersebut, termasuk pot tanah liat, bejana ritual, dan barang-barang lain yang tampaknya telah digunakan dalam proses mumifikasi.

Baca juga: Seperti Apa Wajah Pria Mesir Kuno yang Hidup 30.000 Tahun Lalu?

Lebih lanjut, Kementerian Pariwisata dan Purbakala mencatat dalam sebuah pernyataan bahwa tempat mumifikasi tersebut merupakan bangunan persegi panjang yang terbuat dari batu bata yang dibagi menjadi beberapa ruangan.

Ruangan berisi dua tempat tidur batu yang digunakan untuk mengistirahatkan tubuh manusia untuk proses mumifikasi dan ukurannya sekitar 2 meter, lebar satu meter, dan tinggi 50 cm.

Selain itu terdapat sejumlah linen dan resin hitam di lokasi tersebut, yang kemungkinan besar digunakan dalam proses pembalseman.

Sedangkan tempat mumifikasi hewan merupakan bangunan persegi panjang terpisah yang terbuat dari batu bata dengan lumpur dan batu, dibagi menjadi beberapa ruangan dan aula.

Di dalam tempat mumifikasi tersebut juga ditemukan sejumlah besar barang tembikar dengan berbagai bentuk dan ukuran bersama dengan linen, alat sulaman, dan beberapa perunggu.

Baca juga: Seperti Apa Ribuan Mumi Kepala Domba yang Ditemukan di Kuil Mesir?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com