Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Gejala Long Covid yang Kini Disederhanakan Jadi 12?

Kompas.com - 31/05/2023, 14:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak Covid-19 pertama kali menjadi krisis kesehatan global, laporan tentang efek kronis dan jangka panjang setelah infeksi semakin meningkat. Efek jangka panjang ini sering disebut long Covid.

Berbagai gejala long Covid yang terkait dengan kondisi tersebut pun bermunculan, beberapa di antaranya brain fog atau kabut otak, kelelahan, kehilangan indera penciuman.

Akan tetapi, kondisi itu hanya segelintir dari lebih dari 200 gejala yang dilaporkan terkait dengan long Covid. Tingkat keparahannya bervariasi, dari yang relatif ringan hingga serius.

Satu-satunya kriteria untuk mengidentifikasi seseorang terkena kondisi long Covid adalah apabila beberapa gejala di atas berlangsung, kambuh, atau baru muncul 30 hari setelah infeksi.

Baca juga: Apa Saja Gejala Infeksi Omicron Subvarian XBB 1.5 Kraken?

Para ahli pun sebenarnya masih bertanya-tanya apakah penyebab long Covid, atau gejala-gejala itu hanya merupakan serangkaian kondisi pasca-Covid-19 semata.

Jika sistem diagnosis akan diberlakukan maka peneliti membutuhkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa sebenarnya long Covid itu.

Untuk mengetahuinya, kolaborasi para peneliti dari Amerika Serikat mengambil data pasien dari kelompok yang terdiri dari hampir 10.000 orang.

Kelompok tersebut, seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (30/5/2023) 8.646 orang di antaranya sebelumnya pernah terinfeksi Covid-19 sedangkan 1.118 orang lainnya tidak.

Dari data tersebut, selanjutnya ahli mensurvei tiap orang dan membuat daftar berbobot dari gejala long Covid yang dilaporkan lalu menilai masing-masing seberapa dekat hubungannya dengan Covid-19.

Baca juga: Apa Saja Gejala Sindrom Stiff Person yang Dialami Celine Dion?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com