Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Laut Morotai, Maluku Utara

Kompas.com - 05/07/2020, 13:44 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Wilayah Laut Morotai diguncang gempa tektonik siang ini pada pukul 12.34.04 WIB, Minggu (5/7/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update M 5,1.

Episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 2,72 LU dan 128,24 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 70 kilometer arah Utara kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 34 kilometer.

Baca juga: Gempa Padang Panjang Kemarin Malam, Ingatkan Fenomena Kelam 1926

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina ke bawah Lempeng Mikro Halmahera.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan persnya.

Kendati berpusat di laut, hasil pemodelan menunjukkan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, gempa ini dirasakan sejumlah masyarakat, terutara yang tinggal di Morotai.

Di wilayah Morotai, gempa dirasakan dalam skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan getaran seakan-akan truk berlalu.

Beruntung, tidak ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Hingga hari Minggu, 05 Juli 2020 pukul 12.49 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," imbuh Rahmat.

Baca juga: Meksiko Diguncang Gempa M 7,5, Ini Pelajaran Penting untuk Indonesia

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Pasalnya, bangunanlah yang dapat mengakibatkan korban dalam peristiwa gema.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa bumi yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com