Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Dosen UGM Dipuji Komisi V DPR, Tak Kalah dengan Apartemen

Kompas.com - 05/03/2024, 11:42 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi V DPR RI mengapresiasi pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tenaga Pendidik di Universita Gajah Mada (UGM).

Menurut Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI Sudewo, fasilitas yang ada di rusun tersebut tak kalah dengan apartemen yang dibangun swasta.

“Kami juga menilai fasilitas yang disediakan di rusun ini juga sudah lengkap dan tidak kalah dengan apartemen yang dibangun pihak swasta," jelas Sudewo dalam siaran pers, Selasa (5/3/2024).

Sudewo mengharapkan, agar tenaga pendidik yang menghuni rusun ini bisa ikut merawat fasilitas yang ada dengan baik dan lebih bersemangat dalam mengajar para mahasiswa.

Baca juga: Kementerian PUPR Jamin Pembangunan Rusun IKN Minim Tebang Pohon

Dia menerangkan, kedatangannya ke lokasi pembangunan Rusun bersama sejumlah anggota Komisi V DPR RI lainnya dalam rangka melakukan kunker reses ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyarakarta (DIY).

Selain itu, juga sebagai wujud pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rusun yang diberi nama Kinanti Residence 4 ini juga telah mendapat hasil Bangunan Gedung Hijau Peringkat Madya sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.

Balai P2P Jawa III Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR dalam proses pembangunan Rusun juga konsisten dengan penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) sehingga Rusun tersebut juga memenuhi nilai TKDN sebesar 69,7 persen

Hal ini diharapkan mampu mendukung serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Rusun ini sudah selesai dibangun setinggi enam lantai dengan hunian tipe 36 khusus sebanyak 88 unit dan mampu menampung 256 orang.

Untuk mempermudah akses para penghuni, rusun ini juga dilengkapi dua lift serta fasilitas penunjang untuk penyandang disabilitas seperti ram dan kamar hunian khusus difabel.

Bangunan vertikal ini nantinya juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung antara lain minimarket, ruang pengelola, musholla, dan lanskap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com