Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli 2023, Pembangunan Terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Dimulai

Kompas.com - 30/05/2023, 10:00 WIB
Hadi Maulana,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pembangunan fasilitas terminal 2 di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) akan segera dimulai.

PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelolah Bandara Internasional Hang Nadim memastikan pada Juli 2023 mendatang akan dilakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

"InsyaAllah, Juli ini pembangunannya dimulai. Saat ini kami tinggal menunggu tanggalnya saja, karena nantinya akan dilakukan secara simbolis oleh Kepala BP Batam," kata Dirut PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Tak Perlu ke Bandara Soekarno-Hatta, Warga Bakal Bisa Check-in di Stasiun

Menurut Pikri selaku salah satu pemegang saham BIB, Incheon International Airport Corporation (IIAC) juga mendorong bagaimana proyek ini bisa digesa.

"Tadi saya sudah bicara sama pihak Incheon. Mereka akan melihat kesiapan terakhir kita," terang Pikri.

Dalam pengerjaan proyek terminal 2 tersebut, diperkirakan bisa rampung pada Desember 2024 mendatang atau memakan waktu pembangunan kurang lebih 17 bulan.

 

Selain terminal 2, BIB juga akan membenahi terminal 1 yang saat ini dipakai untuk pelayanan penerbangan domestik dan internasional.

"Terminal 1 masih dalam pembenahan. Namun bertahap karena masih dipakai untuk lalu lalang penumpang domestik dan internasional, terlebih musim haji saat ini," sebut Pikri.

"Terminal 2 ini nantinya diharapkan dapat membantu dan menunjang rencana Hang Nadim untuk membuka 11 penerbangan internasional," lanjutnya. 

Baca juga: Heru Budi Setuju Bus Transjakarta Masuk Bandara Soekarno-Hatta pada Jam Tertentu

Untuk saat ini penerbangan langsung dari Batam - Korea Selatan PP sudah mulai berlangsung, meski baru sebatas pesawat carter, setidaknya ini langkah awal yang baik.

"Kalau tidak ada halangan, rute ini dilakukan setiap bulan. Jadi akan ada pesawat carter setiap bulannya dari Korea Selatan ke Batam PP. BIB juga tengah menjajaki kemungkinan penerbangan reguler, Batam - Korea Selatan PP," tambah Pikri. 

Untuk diketahui, pembangunan terminal 2 Bandara Internasional Hang Nadim Batam ini, BP Batam mengalokasikan dana sebesar Rp 6,9 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com