Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Sumenep Minta Menhub Optimalisasi Bandara Trunojoyo

Kompas.com - 21/05/2023, 12:33 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Sumenep Achmad Fauzi meminta Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur (Jatim), dioptimalisasi agar semakin ramai.

Menurut Achmad, kehadirannya sekaligus untuk menyuarakan dan menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kepulauan Madura dan sekitarnya.

“Setelah muncul Perpres ini, lalu ada Pandemi Covid-19. Sekarang setelah Covid sudah selesai, kami sampaikan kembali kepada pemerintah pusat, untuk dilakukan kajian lebih lanjut agar Madura bisa lebih maju lagi,” kata Achmad dilansir dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (21/5/2023).

Baca juga: Menhub Akan Kaji Peluang Hidupkan Lagi Jalur Kereta Api di Madura

Terkait optimalisasi ini, kehadiran bandara yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2022 lalu ini perlu dioptimalkan agar penerbangannya semakin ramai.

Kehadiran Bandara Trunojoyo diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dari dan ke Pulau Madura, serta membuka keterisolasian pulau-pulau terpencil yang ada di sekitarnya seperti Bawean dan Pagerungan.

“Bandara ini cukup megah dan kami akan mencoba berbagai formulasi agar penerbangan dari dan ke Sumenep semakin ramai usai Pandemi Covid-19 berakhir,” sambung Achmad.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan siap mendukung pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan konektivitas di Madura.

Dia mengatakan, Kemenhub berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana transportasi yang ada di Sumenep dan daerah lainnya di Madura.

Budi mengatakan, aksesibilitas dari dan ke Sumenep sudah cukup lengkap. Salah satunya, dengan dibangunnya Bandara Trunojoyo.

“Penerbangan komersil akan terus ditingkatkan melalui kerja sama Pemda, maskapai dan juga Kemenhub," ungkap Budi.

Dengan bangunan terminal bandara yang cukup luas, hal ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com