Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Harus Segera Dibuang dari Lemari Dapur

Kompas.com - 29/04/2024, 19:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki banyak ruang untuk menyimpan bahan makanan di dapur bisa menjaga hunian tetap rapi dan teratur.

Selain itu, bahan makanan yang tersimpan rapi di lemari penyimpanan dapat memudahkan Anda mencari ketika membutuhkannya serta mengurangi jumlah perjalanan ke toko bahan makanan untuk belanjang. 

Baca juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Dapur, Ini Alasannya

Namun, ada beberapa makanan yang mempunyai batas waktu tertentu untuk menyimpannya sehingga perlu membuangnya dari lemari dapur

Dilansir dari Best Life Online, Senin (29/4/2024), berikut sejumlah makanan yang harus segera dibuang dari lemari dapur menurut para ahli.

Bumbu dan rempah-rempah lama

Ilustrasi bumbu dapur.Dok. Unsplash/Heather McKean Ilustrasi bumbu dapur.
Bumbu dapur dan rempah-rempah yang disimpan di lemari dapur memiliki batas usia penyimpanan. 

Kara Myers, pendiri dan pengembang resep untuk Sweetly Splendid—blog makanan dan minuman yang didedikasikan untuk menyediakan makan malam keluarga—sudah menjadi hal umum bagi orang-orang untuk menyimpan rempah-rempah jauh melampaui masa simpannya. 

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan di Pintu Kulkas

Secara khusus, Myers mengatakan rempah-rempah yang tampaknya kehilangan rasa dan aromanya lebih dulu cenderung berupa bumbu giling, seperti timi, kemangi, dan oregano. 

“Bahkan ketika disimpan di tempat sejuk dan kering, bumbu-bumbu ini dapat mulai kehilangan rasanya setelah sekitar satu tahun,” imbuh Myers.

Meski tidak ada kerangka waktu pasti, perlu diketahui, rempah-rempah yang masih berupa biji utuh (atau belum digiling) dapat bertahan hingga empat tahun jika disimpan dengan benar. 

"Bumbu dapur yang sudah kehilangan rasa dan aromanya atau duah tidak kuat, inilah saatnya membuangnya,” katanya.  

Baca juga: 9 Barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda, Ini Alasannya

Minyak keruh

Selanjutnya, makanan yang harus segera dibuang dari lemari dapur adalah minyak yang sudah keruh. Minyak adalah bahan dasar dapur yang sangat penting, yang diperlukan untuk segala hal, dari menggoreng, menumis, menghidangkan makanan, hingga memanggang.

Namun, Anda harus memastikan tidak menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa jika botolnya sudah terlalu lama didiamkan.

“Minyak, seperti minyak zaitun dan minyak sayur, akan menjadi keruh serta kental seiring bertambahnya usia,” ujar Lindsey Chastain, pendiri blog rumahan The Waddle and Cluck.

“Setelah enam sampai 12 bulan, rasa minyak menjadi tidak enak. Itulah mengapa Anda harus mengganti minyak goreng setidaknya setiap tahun untuk mendapatkan nutrisi dan rasa yang optimal.” 

Baca juga: 8 Makanan Ini Dapat Menarik Tikus di Rumah, Apa Saja?

Kopi

Ilustrasi biji kopi. PIXABAY/NONAME_13 Ilustrasi biji kopi.
Makanan yang harus segera dibuang dari lemari dapur adalah kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com