Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2023, 10:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Membuat dapur terlihat lebih mewah lebih mudah daripada kedengarannya. Ada banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan tampilan dapur dengan menggunakan warna, tekstur, cetakan, dan dekorasi.

Semua elemen ini dapat menambahkan kesan mewah dan canggih pada dalur tanpa harus merombak total. Sayangnya, banyak orang tidak menganggap dapur sebagai tempat yang mewah. 

Baca juga: 5 Warna Cat Dinding yang Cocok dengan Lemari Dapur Gelap

Padahal, dapur adalah ruang yang bekerja keras, yang perlu mendapatkan keseimbangan antara bentuk dan fungsi yang tepat agar dapat bekerja secara efisien.

Namun, kemewahan tidak perlu menghalangi produktivitas. Dapur bisa sama canggih dan mewah dengan ruangan yang lebih santai di rumah, seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Faktanya, begitu banyak tren dapur yang mengarah pada desain dapur yang tidak terlalu "dapur" atau kaku. 

Helen Parker, Direktur Kreatif di deVOL—sebuah perusahaan desain dapur terkemuka yang memadukan gaya klasik dan kontemporer—mengatakan kemewahan bisa berarti banyak hal.

Namun, menurut Helen, kemewahan berarti sesuatu yang dibuat dengan indah, tahan lama, dan praktis, serta menarik dilihat. 

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Senin (27/11/2023), sejumlah desainer interior membagikan cara membuat dapur terlihat mewah.  

Baca juga: Catat, ini Barang yang Tidak Boleh Disimpan di dalam Laci Dapur

Membawa tekstil

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dapur putih.
Saat ini, ada tren dapur yang sangat besar, yaitu membuat dapur tidak lagi terasa seperti dapur. Dapur bisa menjadi ruang yang nyaman dan mewah seperti ruang tamu.

Salah satu bagian dari hal tersebut adalah menghadirkan tekstil. Dapur adalah ruang yang praktis dan pada dasarnya cenderung diisi dengan permukaan keras dan garis-garis yang bersih.

Jadi, cara mudah mengikuti tren ini dan membuat dapur terlihat lebih mewah adalah melembutkan ruangan dengan kain yang dapat disentuh.

"Langkah mudah membuat dapur terasa lebih mewah cukup sederhana, tambahkan tekstil pada jendela, kursi, dan permukaan meja. Sungguh menakjubkan bagaimana kain yang sangat indah atau campuran kain dapat mengubah dapur serta membuatnya terasa lebih kaya dan mewah," ucap Helen. 

Baca juga: 6 Ide Rak Bumbu agar Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Pencahayaan berlapis 

Mengganti pencahayaan adalah cara membuat dapur terlihat mewah dengan mudah dan itu tidak berarti Anda harus mencopot apa yang dimiliki saat ini dan menggunakan perlengkapan yang sama sekali baru.

Anda bisa mengubah pencahayaan di dapur dengan lilin, lampu samping, bahkan lampu peri. Tempat lilin antik yang indah dan lilin beraroma yang elegan dapat mengubah suasana dapur secara instan.

"Kemudian, tambahkan lampu-lampu kecil yang bertebaran, ini dapat menjadi cara luar biasa untuk menambahkan suasana  istimewa," jelas Helen.

Jika perlu, Anda bisa beralih ke pencahayaan utama. Belanjakan uang Anda dengan bijak, seperti membeli kaca antik atau lampu gantung dari pasar loak bisa menjadi kemewahan sederhana yang akan mengubah dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com