Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, ini Barang yang Tidak Boleh Disimpan di dalam Laci Dapur

Kompas.com - 26/11/2023, 20:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comLaci meja dapur menjadi tempat penyimpanan tambahan yang membuat dapur terlihat lebih rapi.

Biasanya, laci digunakan untuk menyimpan barang-barang yang ukurannya kecil karena ruang penyimpanan ini tidak terlalu luas.

Selain membuat dapur terlihat lebih rapi, penyimpanan dalam laci juga membuat barang-barang tetap bersih karena disimpan dalam ruang tertutup.

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Bikin Laci Dapur Semakin Berantakan

Akan tetapi, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di dalam laci dapur. Dilansir dari Homes and Garden, Minggu (26/11/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Pisau tajam

Pisau tajam ternyata tidak boleh disimpan dalam laci karena berbahaya, terutama jika kamu menyimpan barang lain di tempat yang sama.

Ilustrasi laci dapur dengan penata untuk memberikan sekat dan menciptakan keteraturan. SHUTTERSTOCK/PK-DONOVAN Ilustrasi laci dapur dengan penata untuk memberikan sekat dan menciptakan keteraturan.

Kamu mungkin akan terluka saat mencari barang lain di dalam laci dan tak sengaja menyentuh pisau tersebut.

Sebaiknya, simpan pisau di tempat khusus pisau yang biasanya diletakkan di atas meja. Kamu bisa membeli tempat pisau di e-commerce atau toko perlengkapan rumah terdekat.

Baca juga: 5 Kesalahan Menyimpan Barang di Laci Dapur

Alat masak yang berat

Selain pisau, barang yang tidak boleh disimpan di dalam laci dapur lainnya yaitu alat masak yang berat seperti panci dan wajan.

Dawn Falcone, ahli pengorganisasian dan pendiri The Chaos Liberator mengatakan bahwa menyimpan panci dan wajan di laci dapur bisa merusak laci tersebut. Alat berat akan membuat luncuran laci cepat rusak dan menyebabkan tekanan beras di dalam laci.

Sebaiknya, simpan alat masak yang besar dan berat di lemari bawah atau rak dapur yang dirancang khusus untuk menopang alat masak berat.

Makanan mentah dan barang yang mudah rusak

Laci juga tidak cocok untuk menyimpan makanan mentah atau barang yang mudah rusak. Sebab, tempat penyimpanan ini tidak mempunyai ventilasi dan pengatur suhur yang baik.

Baca juga: 6 Cara Menata Lemari dan Laci Dapur

Selain itu, laci juga bisa menyebabkan kontaminasi silang pada bahan makan mentah. Maka dari itu, sebaiknya simpan bahan makan dalam kulkas agar lebih higienis.

Cara menggunakan laci dapur dengan benar

Laci dapur sebaiknya tidak ditumpuk terlalu tinggi atau melebihi kapasitasnya. Selain itu, sebaiknya gunakan pelapis laci untuk mencegah barang tergelincir.

Pelapis ini juga bisa membuat bagian laci lebih mudah dibersihkan. Dengan demikian ruang penyimpanan tetap bersih dan rapi.

Selain sebagai ruang penyimpanan, laci juga bisa melengkapi dekorasi dapur. Maka dari itu, pertimbangkan tata letak, desain, dan warna laci agar sesuai dengan konsep interior dapur.

Itulah beberapa barang yang tidak boleh disimpan di dalam laci dapur serta cara menggunakan laci dengan benar. Penataan yang tepat akan membuat laci lebih fungsional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com