Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Mandi

Kompas.com - 11/09/2023, 19:13 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat memberikan sentuhan alami dan menyegarkan di ruangan mana pun di rumah, termasuk kamar mandi.

Meletakkan tanaman hias di kamar mandi dapat mengurangi kelembapan, membersihkan udara, memberi ketenangan, serta mempercantik ruangan.  

Baca juga: 8 Cara Menghadirkan Suasana Spa di Kamar Mandi Tanpa Merombaknya

Namun, tidak semua tanaman hias cocok diletakkan di dalam kamar mandi. Sebab, ada beberapa tanaman yang dapat layu karena kondisi kamar mandi yang lembap serta minim cahaya.

Dikutip dari House Beautiful, Senin (11/9/2023), berikut tujuh tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi.

English ivy

Ilustrasi tanaman hias ivy, daun ivy, english ivy.SHUTTERSTOCK/AGAVE STUDIO Ilustrasi tanaman hias ivy, daun ivy, english ivy.
English Ivy adalah tanaman hias merambat yang mudah dirawat dan cocok di kamar mandi. English ivy dapat membantu menyerap kelembapan udara serta mengurangi jamur dan bakteri.

Tanaman hias ini dapat tumbuh subur dalam cahaya redup sehingga cocok untuk kamar mandi yang tidak mendapatkan banyak sinar matahari.

Anda juga bisa menggantungkan English ivy di plafon kamar mandi. Tanaman ini akan merambat ke bawah dan menciptakan tampilan cantik serta menyegarkan. 

Baca juga: 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kamar Mandi

Blue star fern

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi Blue star fern atau pakis bintang biru ini tidak seperti pakis lainnya. Tanaman ini lebih menyukai kelembapan serta penyiraman konsisten.

Tempatkan tanaman blue star fern  di ambang jendela atau area lain yang mendapatkan sinar matahari tidak langsung yang terang.

Sirih gading

Ilustrasi tanaman sirih gading.SHUTTERSTOCK/USMEE Ilustrasi tanaman sirih gading.
Sirih gading adalah tanaman hias yang dapat tumbuh subur dalam cahaya rendah,sehingga cocok untuk kamar mandi yang tidak mendapatkan banyak sinar matahari.

Tanaman sirih gading hanya membutuhkan air saat tanah benar-benar kering. Anda juga dapat menyemprot daun sirih gading dengan air sesekali untuk meningkatkan kelembapan. 

Baca juga: 6 Kesalahan Merenovasi Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Tanaman ZZ

Tanaman ZZ populer karena minim perawatan, toleran terhadap kekeringan, serta hampir tidak bisa dihancurkan sehingga menjadi tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi.

Tanaman Zz tahan terhadap penyakit, hama, juga suhu dingin dan panas. Tanaman Zz hanya perlu disiram saat tanah benar-benar kering.

Chinese money plant

Pilea peperomioides atau Chinese money plant dikenal sebagai tanaman hias dengan perawatannya mudah dan memiliki tampilannya unik.

Tanaman ini tumbuh subur dalam kondisi lembap dan hangat sehingga cocok di kamar mandi. Namun, hindari menempatkan Chinese money plant di bawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan daunnya terbakar. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Membawa Keberuntungan di Rumah Menurut Feng Shui 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com