Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Ruang Tamu

Kompas.com - 25/08/2023, 19:40 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambahkan tanaman hias ke ruang tamu dapat memberi suasana  lebih nyaman, segar, dan ramah.

Ada berbagai tanaman hias yang cocok diletakkan di ruang tamu. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tanaman hias, seperti cahaya yang masuk ke ruangan dan kebutuhan penyiraman. 

Dikutip dari Southern Living, Jumat (25/8/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok diletakkan diruang tamu.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi, Usir Kelembapan

Fittonia

Daunnya yang berbentuk oval dengan urat-urat berwarna putih, merah, pink, atau hijau menjadikan fittonia sebagai tanaman hias yang penuh warna untuk meja kopi ruang tamu.

Fittonia tetap berukuran mungil dengan tinggi sekitar 15 sentimeter sehingga ideal di ruang tamu. Karena lebih menyukai kelembapan ringan dan konsisten, fittonia adalah pilihan baik untuk terarium. Tanaman ini menyukai cahaya terang dan tidak langsung.

Baca juga: Tak Sulit, ini Panduan Tips Merawat Tanaman Fittonia

Peperomia

Ilustrasi tanaman hias Peperomia watermelon. SHUTTERSTOCK/ATTOMY Ilustrasi tanaman hias Peperomia watermelon.
Peperomia hadir dalam berbagai varietas dengan daun berkerut, berbentuk hati, atau bertekstur. Tanaman hias ini merupakan tanaman yang mudah dirawat dan lebih suka berada di tempat kering.

Peperomia tumbuh lambat dan tetap kecil dengan ketinggian dangf lebar sekitar 15-30 sentimeter. Tanaman ini menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Siram  tanaman peperomia saat sebagian besar tanahnya terasa kering.

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Peperomia agar Tetap Segar dan Cantik

Aglaonema

Aglaonema atau aglonema adalah tanaman bagus untuk menambahkan warna tanpa terlalu berlebihan.

Tanaman ini memiliki daun menarik, panjang dan datar dengan garis-garis keperakan atau bercak pink, yang menambahkan warna pada sudut-sudut gelap di ruang tamu.

Siram tanaman aglonea beberapa inci bagian atas tanahnya terasa kering dan letakkan di tempat dengan cahaya tidak langsung yang rendah, sedang, atau terang.

Baca juga: Cara Menanam Aglaonema Hidroponik, Tanaman Hias Daun yang Indah

Tanaman karet

Dengan daun berwarna hijau, bronze, atau beraneka ragam, dedaunan rubber plant atau  tanaman karet yang mengilap akan tampak bagus di ruang tamu

Tanaman ini bisa menjadi rimbun seiring berjalannya waktu. Jadi, lakukan rotasi setiap beberapa minggu untuk pertumbuhan lebih merata dan pangkas sedikit untuk mempertahankan bentuknya.

Kenakan sarung tangan berkebun agar getahnya tidak menempel di jari-jari Anda. Letakkan tanaman karet di tempat dengan cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang serat siram saat sebagian besar tanah kering setiap satu hingga dua minggu sekali.

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh

Golden pothos

Ilustrasi golden pothos.Shutterstock/Emily frost Ilustrasi golden pothos.
Pothos yang populer ini mudah tumbuh dan dapat metoleransi perawatan jika Anda lupa menyiramnya. Pothos menyukai cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang, tetapi dapat beradaptasi dengan tingkat cahaya rendah.

Dengan daun mengilap dan cara tumbuh merambat, tanaman pothos akan terlihat cantik menutupi tepi meja dan rak buku. Siram jika sekitar 2,5 hingga lima sentimeter bagian atas terasa kering, hindari menyiramnya berlebihan.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Pothos yang Populer Ditanam di Rumah

Lidah mertua

Dapat mentoleransi berbagai kondisi pencahayaan, lidah mertua adalah pilihan bagus untuk tanaman hias yang cocok diletakkan di ruang tamu, terlebih yang minim cahaya.

Lidah mertua tersedia dalam beragam varietas unik, termasuk daun pipih seperti pedang dan yang memiliki tampilan silinder.

Siram tanaman lidah mertua setiap beberapa minggu ketika beberapa inci bagian atas tanah terasa kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com