Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias Ini Tidak Tahan Udara Lembap, Bisa Kena Penyakit

Kompas.com - 16/08/2023, 13:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelembapan yang tinggi bisa menjadi masalah bagi beberapa tanaman hias. Bahkan, kondisi kelembapan tinggi bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik.

Sebagian besar tanaman hias dapat mentolerir setidaknya 30 persen kelembapan, cukup umum bagi rumah untuk berada di kisaran kelembapan 30 persen hingga 50 persen, kata Erinn Witz, pakar taman dan salah satu pendiri Seeds and Spades, dikutip dari Best Life, Rabu (16/8/2023).

Akan tetapi, jika Anda tinggal di tempat yang sangat lembap, tanaman hias tertentu mungkin tidak akan tumbuh dengan baik. Berikut beberapa tanaman hias yang tidak bisa hidup dalam kondisi lembap.

Baca juga: Selain Tanah, Ini 5 Media Tanam untuk Tanaman Hias

Ilustrasi tanaman kaktus.PEXELS/QUANG NGUYEN VINH Ilustrasi tanaman kaktus.

1. Kaktus

Kaktus secara alami tumbuh di gurun, sehingga tumbuh subur di iklim kering dengan kelembapan rendah.

Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan jaringan kaktus dan tanaman sukulen serupa mengambil lebih banyak air daripada yang mereka butuhkan yang dapat menyebabkan pembusukan.

Sistem akar kaktus disesuaikan dengan sempurna untuk menyerap kelembapan dari tanah secara efisien, dan kelembapan sekitar yang tinggi dapat menyebabkan tanaman benar-benar membusuk atau mengembangkan infeksi jamur topikal, jelas Witz.

Jika Anda tinggal di daerah yang lembab tetapi tetap ingin memelihara kaktus sebagai tanaman hias, tutur Bryan Clayton, CEO GreenPal.

Baca juga: 3 Tahap Pemupukan Tanaman Hias agar Cepat Tumbuh

Menurut Clayton, memeriksa tanah tanaman secara teratur sebelum menyiram dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com