Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Jendela Kamar Tidur yang Tidak Boleh Disepelekan

Kompas.com - 11/09/2023, 14:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela menjadi salah satu bagian penting dalam ruangan, tak terkecuali pada kamar tidur. Ukuran jendela bisa disesuaikan dengan ukuran kamar tidur.

Pemilihan jendela kamar yang tepat akan membuat kamar lebih nyaman saat ditempati. Selain membuat nyaman, jendela kamar juga memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari Signature Window, Selasa (11/9/2023), berikut ini beberapa manfaat jendela kamar tidur yang tidak boleh disepelekan.

Baca juga: Minimalis hingga Rustic, Ini 3 Model Jendela Kamar Tidur 2021

Menghemat energi

Dengan memasang jendela di kamar tidur, maka area dalam kamar akan terlihat lebih terang di siang hari. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyalakan lampu sepanjang hari.

Selain itu, jendela juga membuat ruangan lebih hangat karena sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan, sehingga tidak perlu menyalakan penghangat ruangan.

Ilustrasi jendela kamar tidurSHUTTERSTOCK/JR-STOCK Ilustrasi jendela kamar tidur

Sementara itu, jika suasana terasa panas, jendela bisa dibuka agar udara dari luar masuk ke dalam ruangan.

Membuat sirkulasi udara lebih lancar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pemasangan jendela membuat udara dari luar bisa masuk ke dalam ruangan. Hal ini membuat ruangan lebih segar dan tidak pengap.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Jendela Besar di Kamar Tidur

Jika di luar kamar terdapat banyak pepohonan, maka udara yang masuk terasa sangat sejuk. Selain baik untuk kesehatan, sirkulasi udara yang lancar juga dapat menghemat energi karena Anda tidak perlu menyalakan pendingin ruangan.

Membuat tidur lebih berkualitas

Manfaat jendela kamar tidur lainnya yaitu bisa membuat tidur lebih berkualitas. Saat tertidur, suhu tubuh akan mengalami penurunan secara alami.

Jendela bisa membantu menjaga suhu dalam ruangan, sehingga membuat tidur lebih berkualitas.

Membuat kamar lebih estetik

Tak hanya berfungsi untuk menjaga sirkulasi cahaya dan udara, jendela juga bisa membuat ruangan lebih estetik. Maka dari itu, pemilihan model jendela harus dipertimbangkan dengan matang dan disesuaikan dengan desain interior kamar.

Baca juga: Ragam Penutup Jendela Kamar Mandi agar Cantik dan Privasi Terjaga

Selain model jendela, hal lain yang bisa membuat ruangan lebih estetik yaitu pemilihan gordennya. Pada jendela bisa ditutup dengan gorden yang cantik dengan motif dan warna yang disesuaikan dengan konsep kamar.

Itulah beberapa manfaat jendela kamar yang sebaiknya tidak disepelekan. Setelah mengetahui manfaat-manfaat tersebut, mulai saat ini pertimbangkanlah untuk memasang jendela di kamar Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com