Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2023, 08:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang untuk makan atau tidur di rumah adalah hal wajar. Itu berarti masuk akal mempunyai ruang khusus untuk meditasi.

Ruang meditasi adalah tempat perlindungan untuk Anda menikmati keheningan dan ketenangan mendalam. Perbedaan penting adalah ruang meditasi memungkinkan Anda hanya berada di tempat itu, bukan di area lain.  

Baca juga: Cegah Stres, Simak 3 Cara Mudah Menghadirkan Ruang Meditasi di Rumah

Menghabiskan waktu di ruang meditasi memiliki manfaat besar bagi kesejahteraan mental dan menumbuhkan kesadaran. 

Ketika sisa hari Anda didominasi kebisingan dan kegelisahan, tidak bisa hanya berdiam diri di ruang yang sama.

Namun, tempat-tempat yang berhubungan dengan energi dan aktivitas harus benar-benar terpisah dari ruang meditasi sehingga Anda dapat menikmati latihan kesadaran dalam kedamaian. 

Dikutip Rhythm of the Home, Minggu (23/4/2023), berikut beberapa ide menciptakan ruang meditasi di rumah.  

Baca juga: 6 Langkah Membuat Ruang Gym di Rumah

Temukan sudut terbaik 

Ilustrasi ruang meditasi.Shutterstock/Sergey Mironov Ilustrasi ruang meditasi.

Karena kebanyakan orang tidak memiliki cukup ruang untuk ruang meditasi, setidaknya dapat mengubah sudut kecil ruangan menjadi oasis perhatian. 

Jika Anda setidaknya bisa duduk dengan nyaman dan melakukan peregangan, itu sudah lebih dari cukup. Inilah sebabnya mengapa perlu belajar memanfaatkan ruang sudut yang dapat dengan mudah diubah menjadi area yang tenang.

Apartemen yang lebih kecil, khususnya, bisa mendapatkan keuntungan dari ruang meditasi yang disediakan di sudut-sudut dalam ruangan.

Cahaya matahari alami

Setelah memutuskan sudut ruangan untuk tempat meditasi, ide menciptakan ruang meditasi di rumah adalah memastikan area tersebut dekat dengan jendela untuk memungkinkan cahaya alami masuk. 

Sangat disarankan memilih tempat yang menyinari Anda selama sesi bermeditasi. Peningkatan produksi vitamin D tidak hanya menyehatkan bagi tubuh, tetapi juga membantu suasana hati dan membuat Anda merasa lebih bersemangat.

Dengan pemandangan alam yang indah, Anda juga bisa mengamati elemen-elemen, seperti awan, sesuatu yang juga bisa membantu lebih bersemangat dalam bermeditasi. 

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Ruang Keluarga yang Santai dan Nyaman

Tidak berantakan sepanjang jalan

Tidak ada yang lebih mengganggu pikiran daripada ruang yang berantakan. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan ruang meditasi pribadi. 

Bersihkan seluruh ruangan dan membuat tempat khusus yang bebas kekacauan. Simpan barang "ekstra" dalam jumlah yang minimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com