Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2022, 14:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Moving.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang gym di rumah tentu memberikan banyak keuntungan.

Selain meningkatkan nilai jual rumah, ruang gym membantu untuk terus berolahraga, menjaga kesehatan, serta menghemat pengeluaran untuk tetap bugar karena tidak perlu membayar keanggotaan gym. 

Baca juga: 5 Inspirasi Membuat Ruang Gym untuk Rumah Mungil

Namun, membuat ruang gym di rumah bisa menjadi tugas menakutkan dan membutuhkan banyak pertimbangan. Mulai dari, memilih ruangan yang tepat, memastikan ventilasi udara hingga membeli peralatan dan aksesori.

Tentu saja, manfaat memiliki ruang gym di rumah sering kali sepadan dengan kerumitannya. 

Namun, apabila berencana membangunnya, berikut enam langkah membuat ruang gym di rumah dikutip dari Moving, Jumat (24/6/2022). 

Baca juga: Mau Bikin Ruang Gym di Rumah? Ini yang Harus Dipertimbangkan 

Pilih ruangan 

Ilustrasi ruang gym di rumah.Unsplash/brianwangenheim Ilustrasi ruang gym di rumah.
Langkah pertama membangun ruang gym yang sempurna adalah menemukan ruangan terbaik di rumah. Untuk rumah yang lebih besar, Anda memiliki banyak pilihan, termasuk kamar tidur tambahan atau ruang bawah tanah.

Namun, mereka yang tinggal di rumah yang lebih kecil, seperti apartemen atau kondominium, perlu berkreasi. Jika tidak memiliki ruang tambahan, coba gunakan garasi atau letakkan partisi di salah satu ruangan.

Perlu diingat, ruang gym harus memiliki ruang untuk peralatan dan penyimpanan. Selain itu, memastikan memiliki ventilasi udara yang baik.

Jika ruang gym terletak di garasi, buka pintu garasi saat berolahraga dan memasang unit jendela atau kipas angin terpisah. 

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Ruang Gym di Rumah agar Menarik dan Nyaman 

Tentukan peralatan gym 

Pertimbangkan memilih peralatan olahraga yang dibutuhkan karena sebagian besar barang cenderung cukup mahal.

Beberapa peralatan yang mungkin ingin dipertimbangkan seperti satu atau dua peralatan kardio yang lebih besar, di antaranya treadmill, sepeda statis, rower atau pendayung, atau elips. 

Baca juga: 5 Manfaat Menambahkan Ruang Berjemur di Rumah

Desain ruang gym

Ilustrasi ruang gym di rumah.Shutterstock/archideaphoto Ilustrasi ruang gym di rumah.
Setelah memutuskan ruang gym dan kebutuhan peralatan, ukur ruang, termasuk panjang, lebar, dan tinggi. Pastikan peralatan yang diinginkan, terutama barang yang lebih besar, sesuai dengan ruangan, 

Jika tidak memiliki ruang untuk semua yang diinginkan, Anda perlu berkreasi tentang opsi penyimpanan atau membuat ruang gym di rumah dengan beberapa pengaturan.

Putuskan ke mana Anda ingin segalanya pergi sebelum membeli peralatan mahal. Dengan begitu, tidak membuang-buang uang untuk barang-barang yang tidak perlu. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Tampilan Eksterior Rumah

Tambahkan teknologi yang diperlukan

Berencana menonton kelas olahraga di TV? Jika iya, Anda harus menambahkan televisi besar ke ruang gym. Pertimbangkan juga menambahkan speaker untuk mendengarkan musik favorit saat berolahraga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com