Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2022, 13:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesan pertama tampaknya penting dalam segala hal, termasuk rumah. Kesan pertama memberikan gambaran sekilas tentang apa yang diharapkan dari bagian interior atau dalam rumah.

Entah berencana menjual rumah pada waktu mendatang maupun hanya mempertahankan sentuhan estetisnya, eksterior rumah membutuhkan tampilan baru untuk menciptakan kesan pertama yang luar biasa.  

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengecat Eksterior Rumah 

Lantas, bagaimana menciptakan kesan pertama pada rumah?

Dilansir dari My Decorative, Kamis (23/6/2022), berikut lima cara meningkatkan tampilan eksterior rumah untuk menciptakan kesan pertama yang menarik.

Cobalah tema warna baru 

Ilustrasi rumah.Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi rumah.
Tema warna baru dapat memberikan tampilan yang segar dan canggih pada rumah. Pilih warna yang seimbang untuk memusatkan perhatian pada rumah.

Cobalah meminta desainer interior untuk membantu memilih warna yang akan membuat rumah menjadi pusat daya tarik. Tema warna baru dapat dicapai melalui lukisan baru atau pelapis dinding, tergantung pada anggaran anggaran yang dimiliki. 

Baca juga: 3 Pilihan Lantai Kayu untuk Rumah yang Sesuai dengan Gaya dan Anggaran

Perbaiki atau ganti komponen

Komponen rumah seperti atap, talang air , jalan masuk, pelapis dinding luar, dan pencahayaan mempengaruhi daya tarik rumah dari tepi jalan.

Talang air yang rusak dan menggantung longgar serta atap yang kusam dan beberapa bagian yang patah secara signifikan bisa mengurangi tampilan rumah. 

Selain itu, jalan masuk yang tidak terawat dan ramah serta komponen pencahayaan yang berdebu dan pengap dapat mengurangi estetika rumah. 

Cobalah memperbaiki apa yang dapat dipulihkan dan mengganti komponen yang tidak dapat dipulihkan. Tak hanya itu, pertimbangkan mencuci atau mengecat ulang komponen ini agar terlihat cerah setelah diperbaiki. 

Baca juga: 5 Desain untuk Mewujudkan Eksterior Rumah Minimalis

Kelola rumput di halaman rumah 

Ilustrasi rumah, eksterior rumah.SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi rumah, eksterior rumah.
Rumput yang berada di halaman rumah membutuhkan pemotongan konstan, penyiangan, pembersihan puing-puing yang jatuh dari daun kering, dan penyiraman.

Rumput yang dipangkas dan taman yang dirawat dengan baik bisa meningkatkan tampilan rumah. Jika merasa halaman rumput menuntut terlalu banyak waktu dan upaya untuk tetap hijau, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan rumput sintetis yang tidak terlalu menuntut. 

Baca juga: 3 Warna Terburuk untuk Eksterior Rumah

Bersihkan eksterior rumah 

Eksterior rumah membutuhkan pembersihan ekstensif dengan bantuan pencucian tekanan tinggi. Mempekerjakan seorang ahli atau melakukan pencucian tekanan tinggi sendiri sangat penting untuk membuat eksterior kembali bersih dan indah.

Dengan menggunakan teknik dan peralatan yang tepat, Anda akan meningkatkan daya tarik tepi jalan rumah sehingga menarik lebih banyak pembeli potensial. 

Tekanan dari mesin cuci bertekanan dinyatakan dalam pound per inci persegi. Untuk membersihkan eksterior atau dek properti, Anda memerlukan tekanan 1500 psi dan 3000 psi untuk jalan beton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com