Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pilihan Lantai Kayu untuk Rumah yang Sesuai dengan Gaya dan Anggaran

Kompas.com - 21/06/2022, 21:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai merupakan komponen sangat penting dari sebuah rumah atau properti. Salah satu jenis lantai yang banyak digunakan adalah lantai kayu

Sejak lama, produk atau lantai kayu telah dikaitkan erat dengan kemewahan, kenyamanan berlebih, dan merupakan salah satu item teratas dalam daftar fasilitas menakjubkan yang ditawarkan sebuah properti seperti apartemen

Baca juga: 6 Tips Merawat Lantai Kayu Laminasi agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Ada banyak pilihan lantai kayu di pasaran. Namun, jika tidak mengetahui jenis yang tersedia, Anda bisa membuat pilihan yang salah. 

Untuk menghindari kesalahan tersebut, dilansir dari My Decorative, Selasa (21/6/2022), berikut beberapa pilihan lantai kayu untuk rumah yang sesuai dengan gaya dan anggaran. 

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Lantai Kayu di Dapur 

Lantai kayu solid 

Ilustrasi lantai kayu jenis Walnut.Shutterstock/everydayplus Ilustrasi lantai kayu jenis Walnut.
Jika menginginkan yang terbaik dalam hal kemurnian dan daya tahan kayu, memasang lantai kayu solid adalah pilihan terbaik.

Papan kayu yang terbuat dari kayu keras padat biasanya memiliki tebal 18-20 milimeter serta setiap papan memiliki susunan lidah dan alur untuk memasang papan bersama-sama saat ditempatkan satu sama lain. 

Baca juga: Ragam Warna Lantai Kayu yang Sesuai dengan Gaya Rumah

Kekerasan kayu tergantung pada jenis pohon dan tersedia dalam berbagai kekerasan. Lantai yang paling keras akan menjadi paling tangguh dan dapat menahan beban berat tanpa penyok atau goresan.

Untuk mempertahankan tampilan dan mengembalikan keindahan lantai kayu solid, cukup mudah. Anda cukup mengampelas dan memolesnya secara berkala.

Lantai kayu solid memiliki daya tarik visual yang kuat serta mampu menambah nilai properti yang benar-benar terlihat mewah. 

Baca juga: Hindari, 7 Hal Ini Dapat Merusak Lantai Kayu

Lantai kayu engineered

Lantai kayu engineered atau rekayasa tersedia mempunyai ketebalan 14 milimter dan terdiri atas tiga sampai empat lapisan kayu yang direkatkan.

Lantai kayu solid dapat diampelas dan dipoles beberapa kali untuk mempertahankan keindahan serta tampilannya.

Lantai kayu engineered memiliki stabilitas yang lebih baik serta dapat menahan efek perubahan suhu dan kelembapan yang dapat merusak papan.

Bila memiliki anggaran terbatas untuk lantai kayu solid, lantai kayu rekayasa dapat menjadi alternatif yang lebih murah, bahkan lebih baik daripada lantai laminasi. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Lantai Kayu Laminasi 

Lantai kayu laminasi

Ilustrasi lantai kayu laminasi.SHUTTERSTOCK / Lubo Ivanko Ilustrasi lantai kayu laminasi.
Lantai laminasi memiliki tampilan yang terlihat seperti lantai kayu. Namun, lantai ini terbuat dari lapisan papan serat yang direkatkan menjadi satu dan diakhiri dengan gambar serat kayu untuk menyerupai lantai kayu.

Inilah sebabnya banyak orang menyebutnya sebagai lantai kayu palsu dan memiliki harga yang murah. Permukaannya juga dapat mengasumsikan tampilan lantai ubin atau lantai batu dengan menggunakan gambar fotografi yang sesuai.

Namun, lapisan pelindung pada permukaan lantai membantu mempertahankan tampilan dan mencegah kerusakan. Sayangnya, lantai kayu laminasi kurang tahan lama dibanding lantai kayu solid dan rekayasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com