Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bunga Calla Lily di Taman agar Tumbuh Mekar

Kompas.com - 21/06/2022, 19:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calla lily adalah salah satu bunga tercantik di dunia. Bunga calla lily memiliki tampilan yang indah, elegan, dan menakjubkan meski sedang tidak mekar. 

Bunga ini melambangkan kemurnian, kebangkitan, serta kelahiran kembali. Bunga calla lily juga sering digunakan sebagai karangan bunga atau buket pernikahan, pesta pernikahan, dan acara pemakaman. 

Baca juga: Tips Menyiram Tanaman Peace Lily dan Waktu Terbaik Penyiraman

Bunga calla lily memiliki aneka warna seperti putih, pink, kuning, oranye, merah, merah marun, bahkan hampir hitam.

Meski memiliki tampilan yang cantik dan elegan, menanam bunga calla lily tidaklah sulit. Tanaman ini bisa ditanam di taman atau tanah langsung maupun dalam ruangan menggunakan pot. Tanaman bunga calla lily bisa tumbuh sekitar 30-91 sentimeter.

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (21/6/2022), berikut cara menanam bunga calla lily di taman. 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Calla Lily di Pot

Menanam bunga calla lily di taman 

Ilustrasi bunga calla lily.Unsplash/pizbern Ilustrasi bunga calla lily.
Bunga calla lily (Zantedeschia sp.) berasal dari Afrika Selatan dan dianggap tanaman keras yang lembut karena tidak tahan terhadap cuaca beku.

Tanaman calla lily hanya kuat di daerah yang lebih hangat di zona 8-10. Tanaman ini tumbuh dari rimpang seperti umbi. Rimpang yang besar dan kokoh akan menghasilkan tanaman besar dan banyak bunga.

Secara keseluruhan, bunga calla lily dapat bertahan hingga satu bulan jika dibiarkan tumbuh di taman atau selama beberapa minggu jika dipotong untuk vas. 

Baca juga: Tips Merawat Bunga Peace Lily agar Tumbuh Subur dan Mekar

Tanam bunga calla lily di bawah sinar matahari penuh dan tanah lembab, tetapi dikeringkan dengan baik karena tanah yang terlalu basah dapat menyebabkan rimpang membusuk.

Sebelum menanam, perkaya tanah dengan banyak bahan organik seperti kompos yang akan membantu menciptakan kondisi terbaik untuk menanam bunga calla lily. 

Tanam bunga calla lily pada musim semi setelah semua bahaya es telah berlalu atau ketika tanah telah menghangat hingga setidaknya 18 derajat Celsius. 

Baca juga: 18 Bunga yang Memiliki Makna Mendalam, Simbol Cinta dan Kekuatan

Ilustrasi bunga calla lily.Unsplash/matoga Ilustrasi bunga calla lily.

Untuk memulai mekar, tanam rimpang di dalam ruangan sekitar sebulan sebelum tanggal rata-rata embun beku terakhir Anda. Setelah itu, pindahkan tanaman ke kebun saat cuaca menghangat.

Tanam rimpang dengan ujung tumbuh menghadap ke atas. Kubur benih sedalam 10 sentimeter dan 30 sentimeter terpisah, ukur dari pusat ke tengah, dan sirami tanaman.

Taburkan mulsa pada tanaman calla lily untuk membantu mengendalikan gulma dan menjaga tanah tetap lembap. Siram secara teratur, terutama selama musim kemarau sampai tanaman tumbuh.  

Baca juga: 4 Warna Bunga Peony dan Maknanya, dari Cinta sampai Kekayaan

Perlu diketahui, tanaman calla lily tumbuh dengan cepat, jadi Anda akan melihat tunas sekitar dua minggu setelah tanam.

Bunga akan muncul dalam 13 hingga 16 minggu, tergantung pada varietas yang ditanam. Anda dapat menanam campuran varietas awal, pertengahan, dan akhir musim untuk pertunjukan bunga yang berkelanjutan.

Saat tanaman aktif tumbuh, jaga agar bunga calla lily tetap lembap dan jangan biarkan mengering. Oleskan pupuk cair seimbang setiap dua minggu saat bunga mekar atau sesuai anjuran pada label produk Anda. 

Baca juga: 3 Tanaman Bunga Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Bagian penting dari perawatan bunga calla lily adalah membiarkan tanaman beristirahat dan tidak aktif begitu berhenti mekar.

Kurangi menyiram tanaman karena secara alami mulai mati kembali. Jika tinggal di tempat yang dingin atau membeku, Anda perlu menggali rimpang agar dapat menahan cuaca dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com