Kompas.com - 18/05/2022, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain mengganggu lantaran menimbulkan bentol kemerahan, gigitan nyamuk bisa mendatangkan penyakit seperti demam berdarah

Beragam cara pun dilakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah, salah satunya menanam tanaman bunga pengusir nyamuk di halaman rumah. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengusir Nyamuk dari Halaman Rumah

Selain mengusir nyamuk, tanaman bunga ini bisa membuat pekarangan rumah terlihat lebih indah serta asri. 

Dikutip dari Real Simple, Rabu (18/5/2022), berikut tiga bunga pengusir nyamuk yang bisa ditanam di halaman rumah. 

Baca juga: Catat, Ini 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga

Ilustrasi bunga petunia sebagai tanaman hias gantung. PIXABAY/MSCHIFFM Ilustrasi bunga petunia sebagai tanaman hias gantung.

Petunia

Petunia adalah bunga perennial yang dikenal sebagai pestisida alami untuk mengusir berbagai hama, salah satunya nyamuk. Petunia bisa berbunga dan bertahan hidup selama bertahun-tahun. 

Selain nyamuk, petunia dapat mengusir kutu daun (Aphidoidea), ulat tanduk tomat (Manduca quinquemaculata), kumbang asparagus (Crioceris), wereng atau leafhopper (Cicadellidae), dan serangga squash (Anasa tristis).

Pakar gaya hidup, Peyton Lambton, mengatakan, tanaman ini sangat mudah dikembangbiakkan. Kamu dapat menanamnya di tanah maupun pot.

“Petunia menyukai matahari. Saya merekomendasikan membeli tanaman transplantasi dan menempatkanya di tanah yang ringan dan berdrainase baik di bawah sinar matahari penuh,” tutur Peyton.

Baca juga: Apakah Geranium Wangi Benar-benar Mengusir Nyamuk?

Nasturtium

Ilustrasi tanaman nasturtium. PIXABAY/APRILKIND Ilustrasi tanaman nasturtium.

Nasturtium (Tropaeolum majus) adalah tanaman bunga pengusir nyamuk. Tak hanya nyamuk, bunga nasturtium bisa mengusir kutu kebul atau whitefly, kutu daun, serangga squash, beberapa kumbang, dan ulat jengkal atau cabbage looper (Trichoplusia ni).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.