Kompas.com - 27/11/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily. SHUTTERSTOCK/TATYANA ABRAMOVICHIlustrasi tanaman hias bunga peace lily.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peace lily atau bunga lili perdamaian adalah tanaman indoor yang populer dan disukai karena sifatnya yang santai, kemampuannya tumbuh di lingkungan dengan cahaya rendah, dan memiliki bunga putih yang indah, yang mekar hampir tanpa henti.

Selain itu, tanaman peace lily tidak rewel dan mudah dirawat. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman peace lily adalah penyiraman. 

Melansir dari Gardening Know How, Sabtu (27/11/2021), berikut tips menyiram tanaman peace lily

Baca juga: Tips Merawat Bunga Peace Lily agar Tumbuh Subur dan Mekar

Kapan menyiram tanaman peace lily? 

Sebelum menyiram tanaman, periksa terlebih dulu tanah untuk menentukan apakah sudah waktunya menyirami bunga lili perdamaian Anda.

Jika tanah terasa lembap, hindari menyiram tanaman peace lily. Namun, apabila tanah terasa kering, saatnya menyiram tanaman peace lily. Jika menyukai gadget berteknologi tinggi, Anda dapat menggunakan meteran air. 

Baca juga: Peace Lily Tidak Berbunga? Ini Berbagai Penyebabnya

Tips menyiram tanaman peace lily

Cara terbaik menyiram tanaman peace lily adalah meletakkan tanaman di bak cuci. Tuang air perlahan ke tanah sampai cairan menetes melalui dasar pot.

Biarkan tanaman mengering secara menyeluruh, lalu kembalikan ke piring drainasenya. Jangan biarkan tanaman terendam peace lily karena penyakit yang disebabkan kelebihan air adalah penyebab utama kematian tanaman hias

Baca juga: 6 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Pupuk untuk Menyuburkan Tanaman

Menyiram tanaman dengan air sedikit selalu lebih baik daripada terlalu banyak air. Peace lily dapat bertahan dalam banyak pengabaian, tetapi membiarkan tanah pot terlalu kering juga bisa menyebabkan tanaman sedih dan murung.

Namun, peace lily hampir selalu tumbuh subur lagi setelah melakukan penyiraman kembali dengan baik. 

Baca juga: 5 Ciri Tanaman Lidah Mertua Hampir Mati

Kiat penyiraman peace lily

Untuk menyiram tanaman hias, termasuk peace lily, biasanya menggunakan air keran. Air ini memang baik-baik saja untuk menyiram tanaman peace lily, tetapi membiarkan air selama satu atau dua hari memungkinkan fluoride dan bahan kimia berbahaya lainnya menghilang.

Jika air mengalir langsung melalui pot, itu mungkin berarti tanaman terikat akar dengan buruk. Bila ini masalahnya, ganti peace lily sesegera mungkin.

Jika lupa menyiram peace lily dala waktu lama, tepi daunnya bisa menguning. Jika ini terjadi, sirami tanaman dengan baik, lalu potong dedaunan yang menguning. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.