Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Bunga Peace Lily agar Tumbuh Subur dan Mekar

Kompas.com - 12/10/2021, 18:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peace lily atau lili perdamaian merupakan bunga yang indah dengan daun hijau yang dapat menghiasi setiap ruangan di dalam rumah.

Selain itu, bunga lili perdamaian juga masuk daftar tanaman pembersih udara terbaik menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA). 

Melansir dari Apartment Therapy, Selasa (12/10/2021), peace lily  merupakan bunga dengan minim perawatan. Bahkan tanpa sinar matahari yang cukup, tanaman ini bisa tumbuh subur.

Berikut ini tips merawat bunga peace lily agar tumbuh subur dan mekar sepanjang waktu. 

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Bunga di Dalam Rumah 

Pencahayaan

Ilustrasi tanaman hias peace lily. PIXABAY/NIKA_AKIN Ilustrasi tanaman hias peace lily.
Bunga lili perdamaian menyukai cahaya dan bayangan tidak langsung sehingga meletakkannya di dalam ruangan adalah pilihan yang ideal.

Bahkan bunga lili perdamaian dikenal bekerja dengan baik di kantor dengan lampu neon dan tanpa jendela.

Jendela yang menghadap ke selatan atau barat cenderung menjadi lokasi terbaik untuk bunga lili sehingga memberikan campuran cahaya yang tepat.

Bunga peace lily akan memberi tahu jika terlalu mendapat banyak sinar matahari, yakni daunnya menguning dan terdapat garis-garis cokelat. Segera pindahkan bunga lili jika menunjukkan tanda-tanda tersebut. 

Baca juga: 4 Tanaman Bunga yang Dapat Menyegarkan dan Mengharumkan Ruangan 

Penyiraman

Peace lily lebih toleran terhadap penyiraman yang kurang daripada penyiraman berlebihan. Jaga agar tanaman tetap lembap dengan menyiram bunga lili ketika tanah terasa kering saat disentuh.

Berhati-hatilah agar tidak memberikan terlalu banyak air. Jika air keran mengandung banyak klorin, biarkan semalaman agar klorin menguap.

Pastikan pot bunga peace lily memiliki drainase yang baik. Jika tanaman layu, periksa akar yang basah, yang menunjukkan busuk akar. 

Baca juga: 6 Bunga yang Bisa Dikeringkan untuk Dekorasi Ruangan 

Pemupukan

Tanaman peace lily.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Tanaman peace lily.
Berikan pupuk pada tanaman bunga peace lily sekali selama dua kali setahun dan lakukan pemupukan pada musim panas untuk mendorong bunga mekar.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah bunga peace lily sensitif terhadap pupuk kimia,. Jadi, sebaiknya gunakan pupuk organik sebanyak seperempat hingga setengah yang disarankan. 

Baca juga: 5 Fakta Unik soal Bunga Sepatu 

Mengganti pot

Setelah akar mulai muncul di atas tanah, saatnya mengganti pot bunga peace lily. Ini biasanya dilakukansetiap satu atau dua tahun.

Setelah itu, masukkan kembali tanaman ke wadah yang berdiameter sekitar dua inci lebih besar dari pot sebelumnya. 

Gunakan tanah dari pot lama untuk proses penggantian pot agar tanaman tidak kaget. Untuk transplantasi yang lebih kecil, jangan gunakan pot yang terlalu besar. Akar yang nyaman akan mendorong untuk bunga mekar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com