Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Cat Terbaik dan Cara Mengecat Ulang Plafon Kamar Mandi

Kompas.com - 22/06/2022, 09:31 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat area langit-langit atau plafon bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Sebab, kegiatan ini harus dilakukan dengan baik dan teliti agar cat rata dengan sempurna di permukaan plafon.

Terlebih, ketika permukaan plafon yang ingin dicat adalah area kamar mandi yang memiliki ruang relatif kecil.

Untuk itu, dilansir Home Guides SF Gates, Rabu (22/6/2022) memilih jenis cat yang tepat, dapat menjadikan perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Berikut jenis cat terbaik untuk pengecatan plafon kamar mandi

Baca juga: Pilihan Cat Terbaik untuk Kamar Mandi yang Tahan Lama dan Kelembapan

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.

Cat semigloss

Cat kamar mandi perlu memberikan perlindungan dari kelembapan yang mengarah pada pewarnaan, menggelembung, dan pengelupasan.

Baik Anda mengecat dinding, langit-langit, atau lemari, pilihannya adalah cat dengan hasil akhir semigloss. Lapisan semigloss tahan lama, dapat dicuci, dan tahan jamur.

Langit-langit khususnya cenderung akan ditumbuhi jamur dan lumut, karena tidak dibersihkan sesering area kamar mandi yang lebih mudah dijangkau.

Pilih cat berkualitas tinggi

Pilih cat berkualitas tinggi untuk pekerjaan penting ini, sebaiknya pilih cat akrilik yang memiliki daya cepat kering daripada cat berbasis minyak.

 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merenovasi Kamar Mandi

Untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan terbaik, carilah merek yang menawarkan "cat khusus kamar mandi" yang dikembangkan secara khusus dengan bahan-bahan seperti mildewcide.

Sementara itu, dilansir Homes and Gardens, idealnya, pilih formula yang dibuat khusus untuk lingkungan yang lebih beruap untuk menghindari gelembung dan pengelupasan dan cat untuk kamar mandi dan dapur sering diformulasikan secara khusus.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com