Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Cat Terbaik untuk Kamar Mandi yang Tahan Lama dan Kelembapan

Kompas.com - 22/06/2022, 08:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan ruangan lainnya di rumah, mengecat kamar mandi harus memperhatikan beberapa faktor, salah satunya kelembapan yang dapat membuat cat lebih cepat pudar.

Untuk itu, penting memilih hasil akhir cat yang cocok untuk kamar mandi. Ada beberapa jenis cat dengan hasil akhir terbaik untuk kamar mandi seperti satin, semi-gloss, atau glossy dengan aditif tahan jamur.

Dilansir dari Forbes, Rabu (22/6/2022), cat kamar mandi yang dipilih harus tahan lama dan kelembapan. Selain itu, sebelum mengecat dinding, jangan lupa membersihkan dan melapisi dinding untuk memberikan hasil terbaik. 

Baca juga: 6 Tips Mengecat Ulang Dinding agar Tampilannya Mulus dan Rapi 

Hasil akhir cat terbaik untuk kamar mandi

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/Steven Ungermann Ilustrasi kamar mandi
Seperti dijelaskan sebelumnya, kelembapan merupakan ancaman untuk tampilan dan kinerja cat di kamar mandi.

Misalnya, kelembapan yang berasal dari uap shower dapat merembes di antara dinding dan lapisan cat sehingga menciptakan tekstur yang tidak diinginkan, menggelembung, dan akhirnya membuat cat mengelupas. 

Cat dengan hasil akhir mengkilap tahan terhadap kelembapan. Sebab, lapisan satin dan kilap membentuk lapisan keras yang menghalangi air sehingga memungkinkannya menetes ke lantai dan tidak meresap ke dinding gipsum atau kayu. 

Baca juga: Ketahui, Ini Hasil Akhir Cat Terbaik untuk Ruang Tamu

Sementara itu, cat dengan kemilau rendah seperti lapisan datar atau eggshell lebih lembut dan menyerap kelembapan.

Hindari produk cat yang digunakan untuk penggunaan luar seperti cat tembok untuk eksterior. Sementara itu, cat yang ditujukan untuk ruang bawah tanah dan dinding eksterior lebih tahan air, tetapi mengandung sejumlah jamur berbahaya atau aditif lain yang dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Demi membuat pekerjaan lebih cepat, aman, dan efektif, gunakan jasa tukang cat profesional untuk mengecat kamar mandi. 

Baca juga: 6 Cara Menghadirkan Warna ke Ruangan Tanpa Perlu Mengecat Dinding 

Tukang cat profesional umumnya menghindari menggunakan cat dengan hasil akhir datar, matte, dan eggshell untuk kamar mandi karena rentan terhadap jamur dan kelembapan tinggi.

Selain itu, cat ini juga tidak mudah dibersihkan. Namun, dinding matte menambahkan dimensi lembut ke ruangan yang halus dan mengkilap, memberikan daya tarik desain yang mewah.

Sementara itu, cat glossy dan semi gloss menawarkan perlindungan terbaik dari kelembapan. Cat dengan hasil akhir mengkilap mudah dibersihkan sehingga sempurna untuk lemari dan trim kamar mandi.  

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Kamar Mandi Kecil agar Terasa Nyaman dan Bergaya 

Gunakan primer dan cat putih

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi cermin di kamar mandi, ilustrasi bathtub.Unsplash/Chastity Cortijo Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi cermin di kamar mandi, ilustrasi bathtub.
Selain itu, gunakan primer untuk merekatkan cat ke dinding dan mencegah pengelupasan. Primer lengket dengan aditif mildewcide akan melindungi dinding selama bertahun-tahun mendatang. 

Untuk refleksi paling alami, pilih warna netral seperti putih untuk dinding kamar mandi. Putih memang dapat menunjukkan noda dengan mudah, tetapi ini adalah salah satu pilihan paling populer karena berbagai alasan.

Netral lembut dan merah muda memancarkan cahaya ambient alami di sekitar ruangan dan memberi cahaya yang sehat pada cermin.

Gunakan warna-warna berani untuk mengecat lemari kamar mandi. Pilih warna desaturasi seperti abu-abu berkabut atau hijau sage untuk kamar mandi tampak modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com