Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2022, 12:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu merupakan sekumpulan partikel yang berasal dari kulit mati, bagian tubuh serangga, spora jamur, abu atau asap kendaraan, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan.

Kemunculan debu di rumah tak hanya membuat kotor dan mengganggu, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan, terlebih mereka yang memiliki alergi dan gangguan pernapasan. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tanaman Hias agar Tidak Jadi Sarang Debu

Namun, kehadiran debu di rumah tak terlepas dari tindakan atau kegiatan yang Anda lakukan, bahkan kesalahan membersihkan rumah itu sendiri. Karena itu, penting mengetahui dan menghindari kesalahan tersebut. 

Dilansir dari Bobvila, Senin (20/6/2022), berikut ini sejumlah kesalahan yang membuat rumah lebih berdebu. 

Baca juga: 6 Tips Sederhana dan Cepat untuk Meminimalisir Debu di Dalam Rumah

Menggunakan karpet 

Ilustrasi karpet di ruangan.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi karpet di ruangan.
Penutup lantai atau karpet adalah penghasil debu dan magnet debu utama. Semakin besar karpet, semakin banyak kotoran yang menempel.

Untuk itu, pertimbangkan mengganti karpet shag dengan anyaman datar dan sering-seringlah menyedot debu untuk mencegah penumpukan.

Namun, perlu diingat, menyedot debu tidak selalu cukup. Untuk memastikan lantai benar-benar bebas alergen, bawa karpet secara teratur keluar rumah dan goyangkan karpet untuk membersihkannya dari debu yang tidak diinginkan. 

Baca juga: 3 Cara Efektif Mencuci Gorden agar Bebas Debu dan Kuman

Membersihkan debu dengan kain kotor

Masih menggunakan kaus bekas untuk membersihkan debu seperti yang ibumu lakukan? Hentikan kebiasaan itu dari sekarang. Membersihkan debu dengan kaus bekas tidak efektif membersihkan debu.

Gantilah menggunakan kain mikrofiber yang memiliki serat sintetis yang halus serta menarik lebih banyak debu daripada kain katun biasa.

Untuk melakukan pembersihan dengan cepat, pilihlah kain mikrofiber untuk sudut dan rak yang rapat serta kain biasa untuk membersihkan permukaan meja. 

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Debu di Rumah

Melewatkan keset 

Ilustrasi keset.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi keset.
Keset dapat menampung partikel kotoran kecil dan besar setiap kali seseorang atau hewan peliharaan datang atau pergi.

Alas kaki yang lebih bersih berarti lebih sedikit debu, jadi penting meletakkan keset di setiap pintu masuk dan mencucinya secara teratur.

Lebih baik lagi, simpan keranjang atau rak di dekat pintu dan minta keluarga dan teman untuk melepas sepatu sebelu masuk ke rumah untuk membantu menahan kotoran yang tertinggal di area yang lebih kecil. 

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Tirai agar Bebas Debu 

Menggunakan vacuum cleaner model lama

Penyedot debu yang berkualitas dapat membuat perbedaan besar dalam menangani debu. Jika menggunakan vacuum cleaner model lama dengan filter lama, kemungkinan besar Anda tidak akan menyedot kotoran sebanyak yang seharusnya. Artinya, lebih banyak usaha dan hasil yang lebih buruk.

Tingkatkan ke model vacuum cleaner yang memiliki Carpet and Rug Institute Seal of Approval dan filter HEPA yang dapat menangkap partikel terkecil dari debu dan serbuk sari, bahkan membuat udara lebih segar. 

Baca juga: 5 Ide Pintar untuk Membersihkan Debu dengan Sempurna dan Aman

Membiarkan udara menjadi terlalu kering 

Ilustrasi dehumidifier atau penurun kelembapan.Shutterstock/Mariia Boiko Ilustrasi dehumidifier atau penurun kelembapan.
Debu dan kotoran bisa menempel pada permukaan cukup lama. Untuk mencegahnya, usahakan menjaga kelembapan di rumah sekitar 40-50 persen.

Gunakan pelembap udara atau humidifier pada musim dingin atau simpan baki air di atas radiator untuk menambahkan air atau H2O ke udara.  

Baca juga: Tips Membersihkan Atap Rumah agar Terbebas dari Debu Hingga Lumut 

Mengabaikan tirai 

Kapan terakhir kali membersihkan tirai? Menggantung tepat di dekat jendela yang terbuka membuat tirai menjadi magnet kuat untuk setiap debu yang masuk atau keluar.

Untuk menyegarkannya, lepaskan gorden, lalu sedot debu menggunakan vakum genggam kecil untuk menghilangkan kotoran secara rutin. Jangan lupa mencuci gorden sekali atau dua kali setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com