Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Panduan Memilih Kursi Aksen di Ruang Tamu untuk Lengkapi Dekorasi

Kompas.com - 03/02/2023, 20:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dekorasi ruang tamu, salah satu aspek penting adalah tempat duduk. Perlu diingat, tempat duduk di ruang tamu tidak hanya sofa, namun Anda juga bisa menggunakan kursi aksen.

Dikutip dari Ideal Home, Jumat (3/2/2023), kursi ruang tamu ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan akhir pada skema ruang tamu Anda dan menambahkan sentuhan pribadi, apakah itu dengan warna atau pola yang menonjol, atau bentuk kontras yang langsung menarik perhatian.

Namun, apa itu kursi aksen? Kursi aksen pada dasarnya adalah kursi berlengan atau tanpa lengan yang diletakkan di samping sofa di ruang tamu.

Baca juga: Hindari 5 Desain Ruang Tamu Ini, Bikin Tidak Nyaman

Ilustrasi ruang tamu dengan kursi aksen, kursi ruang tamu.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu dengan kursi aksen, kursi ruang tamu.

Baik tunggal atau sepasang, kursi aksen tersedia untuk menyediakan tempat duduk tambahan.

Kemudian, di mana sebaiknya meletakkan kursi aksen di ruang tamu?

Jika Anda cukup beruntung memiliki ruang untuk dua sofa di ruang tamu, maka menukar sofa kedua dengan dua kursi aksen akan menciptakan perasaan ruang tambahan, saran Nicky Phillips dari Ideal Home.

Menurut Phillips, ini karena melihat lebih banyak lantai dan ruang di sekitarnya, sehingga membuat ruangan terasa lebih lapang.

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Ruang Tamu Kecil dengan TV agar Tampak Apik

Di ruang tamu yang memiliki cukup ruang untuk beberapa tempat duduk tambahan tetapi tidak cukup ruang untuk sofa tambahan, maka memilih kursi aksen tunggal sangat cocok.

Jangan tergoda untuk mendorong kursi aksen ke sudut ruang tamu, letakkan di sekitar meja kopi atau di dekat sofa.

Anda bisa memiliki satu kursi aksen saja di ruang tamu. Menurut Phillips, penambahan kursi beraksen adalah cara yang bagus untuk menghadirkan semburat warna atau tekstur alternatif pada skema ruang tamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com