Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2023, 19:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompor gas masih dominan digunakan di dapur Indonesia untuk memasak beragam hidangan. Namun, kompor gas bisa kehilangan efektivitasnya saat kompor kotor dan tersumbat. 

Tungku kompor gas yang tersumbat akan mengeluarkan nyala api yang lemah atau, dalam beberapa kasus, tidak ada nyala api jika tungku sangat kotor. Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkan kompor gas secara rutin.

Dikutip dari The Spruce, Jumat (3/2/2023), berikut cara membersihkan kompor gas dengan mudah agar dapat bekerja dengan baik.

Baca juga: Kompor Keramik Vs Kompor Induksi, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi kompor, kompor gas. PIXABAY/FERNANDO ARCOS Ilustrasi kompor, kompor gas.

Seberapa sering harus membersihkan kompor gas?

Sistem kompor gas sangat sederhana dan bebas masalah. Kesulitan muncul hanya ketika aliran gas menjadi terhambat, yang seringkali disebabkan oleh sisa makanan yang tumpah ke sisi panci dan wajan serta menyumbat lubang di sekitar kepala tungku.

Jika dibiarkan, sisa makanan ini bisa menjadi sangat keras dan sulit dihilangkan.

Aturan praktis terbaik adalah membersihkan tungku kompor gas setiap kali api menjadi tidak teratur atau menunjukkan warna kuning. Kecuali itu, membersihkan kompor gas sebulan sekali mungkin sudah cukup.

Jika Anda memiliki kompor gas stainless steel, berhati-hatilah saat melepas kisi kompor dan bagian tungku. Angkat kisi-kisi, jangan pernah menariknya, karena dapat menggores baja tahan karat yang tidak dapat diperbaiki.

Baca juga: Bisakah Panci Induksi Dipakai di Kompor Keramik?

Ini adalah masalah besar dengan beberapa kompor gas yang lebih bagus dengan kisi-kisi besar yang sulit dilepas untuk sampai ke tungku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com